trubus.id
Life » Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Se...
Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Astri Sofyanti - Jumat, 29 Jan 2021 09:39 WIB

Trubus.id -- Seperti diberitakan Bolsky, dari 21 jenis bawang yang ada di dunia, tiga diantaranya paling banyak dikonsumsi masyarakat, yakni bawang merah (Allium stipitatum), bawang bombay (Allium cepa) dan daun bawang (Allium fistolosum).

Bawang merah memiliki umbi yang kecil seperti pada bawang putih. Sementara bawang bombay berbeda dengan bawang lainnya, bawang jenis ini memiliki rasa yang lebih tajam dan menyengat. Kemudian yang terakhir adalah daun bawang. Dinamai bawang merena memiliki umbi bulat dan batang berongga hijau yang panjang.

Ternyata, daun bawang adalah cikal bakal bawang bombay yang belum matang yang dipanen di tengah-tengah masa penumbuhan.

Dibandingkan dengan bawang merah dan bombay, daun bawang mengandung lebih sedikit enzim pemicu air mata.

Lantas manakah yang Lebih Sehat?

Varietas bawang yang berbeda memiliki kandungan fenolik, komposisi gula, kelembapan, rasa, dan jumlah antioksidan yang berbeda. Sebuah penelitian mengatakan, warna buah dan sayuran yang berbeda bergantung pada pigmen tubuh yang disebut antosianin.

Bawang merah memiliki lebih banyak antosianin dibandingkan kedua jenis bawang lainnya. Selain itu, pencacahan, pemanggangan, dan penggorengan tidak menurunkan kandungan antioksidan pada bawang merah.

Di sisi lain, penelitian lain menunjukkan bahwa umbi pada daun bawang memiliki banyak senyawa bioaktif yang memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, antioksidan, anti-diabetes, dan imunoprotektif.

Sementara bawang bombay memiliki potensi efek anti-Helicobacter pylori yang bisa menyebabkan infeksi lambung, gastritis, dan kanker perut. Selain itu, bawang ini juga mengandung flavanoid yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Di luar perbedaan kandungan di atas, ketiga memiliki persamaan. Ketiganya termasuk dalam genus Allium dan famili Amaryllidaceae. Penelitian menyebut, sayuran dalam famili Amaryllidaceae dapat membantu mencegah risiko berbagai jenis kanker seperti kanker esofagus, kanker prostat, dan kanker lambung.

Selain itu, sayuran dalam famili ini juga dapat memberikan efek positif yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan angka tekanan darah.

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020