trubus.id
Peristiwa » Kohibora Fokus Hijaukan Kota Bogor Lewat Hidroponi...
Kohibora Fokus Hijaukan Kota Bogor Lewat Hidroponik

Kohibora Fokus Hijaukan Kota Bogor Lewat Hidroponik

Astri Sofyanti - Jumat, 04 Des 2020 15:14 WIB

Trubus.id -- Komunitas Hidroponik Bogor Raya atau Kohibora dibentuk dengan tujuan untuk menghijaukan Kota Bogor dengan tanaman hidroponik. Ketua Kohibora, Hanny Nabila mengungkapkan, bersama Kohibora ia bersama lebih dari 300 anggota giat menyebarluaskan informasi tentang menanam sayuran dengan metode hidroponik kepada masyarakat Kota Bogor.

Hanny mengatakan, berbagai kegiatan yang dilakukan Kohibora salah satunya adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok wanita tani (KWT) di Kota Bogor serta memberikan bantuan berupa bibit bagi masyarakat yang membutuhkan. Dirinya berharap ini menjadi acuan masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran organik, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Kohibora rutin memberikan pendampingan dan pelatihan hidroponik kepada kelompok wanita tani yang ada di Kota Bogor. Kita juga memberikan bibit, kita latih mereka hingga proses panen dan memasarkan hasil panen, semua kita dampingi,” kata Hanny ketika ditemui Trubus.id pada kegiatan peluncuran program Bogor Berkebun di Halaman Kantor Walikota Bogor, Jumat (4/12/20).

Diakui Hanny, meski beberapa anggota Kohibora adalah pensiunan, para anggota Kohibora begitu bersemangat memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat. “Meski beberapa diantara kita sudah pensiun tetapi kita masih semangat untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Kami bahkan telah dipercaya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memberikan pelatihan hidroponik kepada para penjaga hutan di seluruh Indonesia bagian Barat hingga Timur. Para penjaga kita didik supaya mereka bisa berhidroponik dan ini berhasil,” ujarnya penuh suka cita.

Dirinya mengungkapkan, berbagai upaya yang dilakukan Kohibora juga didukung oleh Dinas Pertanian Kota Bogor dengan harapan dapat menyebarluaskan budidaya sayuran dengan sistem hidroponik hingga ke tingkat kecamatan di Kota Bogor.

“Lewat Komunitas Hidroponik, kami ingin mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran hidroponik guna memenuhi kebutuhan pangan bergizi bagi keluarga,” ujarnya.

Lebih lanjut Hanny menuturkan, pihaknya mendukung penuh program Bogor Berkebun yang diluncurkan Pemerintah Kota Bogor hari ini. Melalui program Bogor Berkebun, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk melakukan kegiatan pertanian berbasis komunitas guna mewujudkan ketahanan pangan keluarga.

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020