trubus.id
Peristiwa » Walikota Bogor Resmi Luncurkan Program Bogor Berke...
Walikota Bogor Resmi Luncurkan Program Bogor Berkebun

Walikota Bogor Resmi Luncurkan Program Bogor Berkebun

Astri Sofyanti - Jumat, 04 Des 2020 12:37 WIB

Trubus.id -- Walikota Bogor Bima Arya resmi meluncurkan program Bogor Berkebun serta Greenhouse Vegetable di Balai Kota Bogor, Jumat (4/12/20). Ia mengatakan, jika Gerakan Bogor Berkebun ini berjalan secara maksimal, maka akan memberikan dampak yang dahsyat dan luar biasa. Di antaranya membangkitkkan perekonomian masyarakat, menghilangkan stres dan meningkatkan kebersamaan.

Gerakan Bogor Berkebun dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat secara massif, baik perseorangan maupun kelompok/komunitas untuk secara bersama-sama melakukan aktivitas pengembangan pertanian perkotaan ramah lingkungan (ecological urban farming) yang meliputi budidaya, proses produksi, pengolahan dan pemasaran.

Melalui program Bogor Berkebun, Bima Arya ingin mendorong masyarakat Kota Bogor untuk memanfaatkan lahan dan sumberdaya yang ada untuk menghasilkan berbagai produk pertanian, peternakan dan perikanan bernilai ekonomi tinggi, dalam rangka penguatan ketahanan pangan, peningkatan kesejahteraan dan percepatan pemulihan ekonomi Kota Bogor.

Baca Lainnya : Walikota Bogor Siap Luncurkan Program Bogor Berkebun

“Dalam situasi pandemi Covid-19, tren urban farming meningkat dan dilakukan di mana-mana. Melalui urban farming dimensi ekonomi ikut menonjol,” kata Bima Arya dalam peluncuran program Bogor Berkebun di Halaman Balaikota Bogor, Jumat (4/12/20).

Dirinya mengungkapkan, kunci agar gerakan tersebut bisa berjalan optimal adalah bimbingan, pembinaan dan pendampingan. Di samping jaringan, konsistensi dan kelembagaan. Diakui Bima, Pemerintah dengan kebijakannya melakukan fasilitasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyambungkan semua yang ada karena keterbatasan yang ada. Pasalnya, Pemkot Bogor tidak bisa melakukannya sendiri. Terlebih di Bogor banyak lembaga kajian yang berfokus pada agroindustri dan hal itu bisa dimaksimalkan dengan menciptakan satu jaringan.

“Jadi saya titip betul-betul pendampingannya,” ungkap Bima.

Target yang dibidik melalui Gerakan Bogor Berkebun bukan hanya Kelompok Wanita Tani (KWT) yang besar dan sudah berjalan, tapi juga cara menumbuhkan minat berkebun. “Yang tidak kalah penting adalah menjadi sarana mengisi waktu, menambah pendapatan dan kemudian menggairahkan urban farming se-kota Bogor,” ujarnya menambahkan.

Kepada pihak-pihak yang terlibat Gerakan Bogor Berkebun, Bima menyarankan agar target yang dipasang jangan langsung ingin menyuplai ke pasar (market). Terpenting adalah sistemnya berjalan, jaringannya ada dan sistem pendampingan digitalisasi berjalan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKPP) Kota Bogor, Anas S Rasmana mengungkapkan tujuan diluncurkannya program Bogor Berkebun adalah untuk memperkuat ketahanan pangan, menghasilkan produk makanan yang bergizi, membangun ekosistem pertanian Kota Bogor berbasis komunitas, serta menguatkan kelembagaan kelompok petani.

“Program Bogor Berkebun diharapkan menciptakan lapangan pekerjaan untuk pemulihan ekonomi pada masa Pandemi. Kita berharap melalui program ini masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri,” ujar Anas.

Dirinya juga mengungkapkan, program Bogor Berkebun ini merupakan sebuah sistem dari hulu ke hilir. Melalui website bogorberkebun.com, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan bantuan bibit.

“Melalui website bogorberkebun.com, masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi seputar pertanian, mulai dari mendapatkan informasi seputar budidaya tanaman, mendapatkan pelatihan pertanian, pemasaran pertanian hingga akses mendapatkan bantuan bibit tanaman. Diharapkan program ini perlahan bisa mencetak wirausaha baru di bidang pertanian,” tutup Anas.

Bima Arya didampingi Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim dan Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah meninjau aplikasi Bogor Berkebun. Di akhir peluncuran, dilaksanakan pelatihan dengan tema Urban Farming yang disampaikan oleh Trubus Bina Swadaya melalui zoom meeting dengan narasumber Trainer Agribisnis Trubus, Panji Asmoro. Dalam mengembangkan program Bogor Berkebun, Pemerintah Kota Bogor menggandeng Trubus Bina Swadaya sebagai mitra.

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020