trubus.id
Jambu Madu Deli, Primadona Asal Sumatera Utara yang Jadi Sumber Pemenuhan Vitamin Keluarga

Jambu Madu Deli, Primadona Asal Sumatera Utara yang Jadi Sumber Pemenuhan Vitamin Keluarga

Astri Sofyanti - Senin, 24 Agu 2020 12:00 WIB

Trubus.id -- Jambu madu deli dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Jambu air ini terbilang mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Sesuai namanya, bibit jambu madu deli berasal dari Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Tanaman buah yang sukses dibudidayakan di tempat asalnya, kini mulai banyak dikembangkan di wilayah lain, termasuk di Jakarta.

Menilik karakteristiknya, jambu madu deli tidak memiliki biji, ukuran bisa mencapai 200 hingga 300 gram per buah, warna buahnya hijau mengkilap, jambu madu deli memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Jambu madu deli juga termasuk buah yang genjah, panennya tidak mengenal musim dan frekuensi berbuahnya sangat cepat dan produktivitas buahnya banyak.

Rasanya yang manis seperti madu dengan tampilan yang cantik serta berukuran cukup besar membuatnya banyak dikembangkan baik skala rumah tangga ataupun skala industri. Sekali kamu merasakan buahnya, dijamin akan membuatmu ketagihan dengan rasanya yang sangat manis.

Kandungan nutrisi dalam jambu madu deli juga sangat beragam, terdiri dari vitamin A, C dan E, serat, potasium, myricetin, hexahydroxyflavone, fenolik dan flavonid. Jambu air bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar ataupun sebagai salah satu buah pelengkap pada rujak atapun manisan.

Sehingga sangat tepat sekali jika masyarakat mencoba membudidayakannya di rumah, karena sekaligus menjadi sumber pemenuhan kebutuhan vitamin untuk keluarga, karena memiliki manfaat yang melimpah, sehingga jambu air ini sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat. Manis alami yang menyegarkan sekaligus dapat menjaga kesehatan, terutama di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini.

Pohon jambu madu deli hijau mampu menghasilkan buah yang lebih banyak walau memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya.

Jambu madu deli merupakan tanaman tropis yang tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi selama mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari. Namun lebih optimal buahnya bila dibudidayakan di lahan dataran rendah-medium (100-600 mdpl).

Untuk menanam jambu madu deli hijau, kamu bisa mendapatkan bibit jambu madu deli unggul di Toko Trubus. Toko Trubus memberikan diskon sebesar 20 persen pada bulan September untuk pembelian tanaman jambu madu deli dan tanaman buah lainnya.

Tak hanya menyediakan bibit ataupun tanaman, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun mulai dari pupuk, media tanam, pot hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk mendapatkan produk-produk pertanian di Toko Trubus, kamu bisa mengunjungi website di www.tokotrubus.co.id ataupun mengunjungi langsung Toko Trubus terdekat.

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020