Spesies Subtropis Miliki Kemampuan Beradaptasi Tinggi Terhadap Perubahan iklim

Syahroni - Rabu, 22 Jul 2020 19:00 WIB

Trubus.id -- Spesies yang akan berkembang bersama perubahan iklim, serta yang akan berjuang untuk bertahan hidup, dapat diidentifikasi berdasarkan kemampuan adaptasinya terhadap kenaikan suhu.

Sebuah tim ahli biologi evolusi di Universitas Flinders telah menunjukkan bahwa kerentanan terhadap perubahan iklim di masa depan dipengaruhi oleh kondisi termal kawasan tempat spesies berevolusi.

“Ketahanan atau kerentanan terhadap perubahan iklim diperkirakan akan dipengaruhi oleh kondisi termal di mana spesies ditemukan, tetapi kami tahu sedikit tentang ini, dan hampir tidak ada apa pun tentang bagaimana ini mungkin berbeda di berbagai wilayah iklim yang berbeda,” kata rekan penulis penelitian Dr Jonathan Sandoval-Castillo.

Penyelidikan difokuskan pada ikan pelangi Australia yang hidup di ekosistem yang berbeda. Para peneliti membandingkan toleransi termal dan ekspresi gen ikan pelangi di kondisi gurun, sedang, dan subtropis.

Analisis mengungkapkan bahwa spesies subtropis memiliki kapasitas tertinggi untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim, sedangkan spesies beriklim memiliki adaptasi yang paling rendah.

Menurut rekan penulis studi Profesor Luciano Beheregaray, spesies subtropis ditemukan sebagai pemenang di iklim masa depan karena evolusi sesuai dengan kondisi lokal mereka. Dia menjelaskan bahwa ikan subtropis memiliki kemampuan untuk menghidupkan dan mematikan sejumlah besar gen stres panas di iklim yang lebih panas.

Para peneliti membandingkan bagaimana gen saat ini diekspresikan dan bagaimana mereka akan diekspresikan dalam suhu yang akan datang diproyeksikan untuk 2070. Berdasarkan hasil, mereka menghasilkan indeks gen yang dapat digunakan untuk menentukan kemampuan beradaptasi spesies.

“Hasil kami menunjukkan bahwa kerentanan spesies terhadap perubahan iklim akan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor geografis, menekankan nilai penilaian sifat-sifat iklim untuk perkiraan dampak populasi yang lebih akurat dan cara ekosistem pada akhirnya akan merespons,” kata rekan penulis studi Katie Gates

Profesor Beheregaray mencatat bahwa informasi ini penting untuk mengidentifikasi keanekaragaman hayati yang berisiko tinggi punah, dan untuk mengembangkan cara untuk membantu mereka beradaptasi dan bertahan hidup. “Ini termasuk memulihkan habitat yang hilang dan secara aktif memindahkan populasi ke lokasi iklim yang lebih menguntungkan, sementara kita masih punya waktu.”

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal PNAS.