Life » Beberapa Spesies Tanaman Invasif Bantu Ekosistem M...
Beberapa Spesies Tanaman Invasif Bantu Ekosistem Menyerap Lebih Banyak Karbon Biru

Syahroni - Rabu, 22 Jul 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa beberapa spesies tanaman invasif membantu ekosistem menyerap lebih banyak "karbon biru", yaitu karbon yang disimpan di rawa-rawa garam, hutan bakau, dan lamun di sepanjang pantai. Pengenalan spesies hewan invasif, di sisi lain, dapat memiliki efek sebaliknya.

Sementara karbon biru telah dibahas dalam hal perubahan iklim, subjek belum banyak dieksplorasi tentang spesies invasif. Penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal Global Change Biology, Ian Davidson adalah ahli biologi invasi laut di Smithsonian Environmental Research Center (SERC).

“Kami menyadari efek invasi pada sisi lain dari habitat ini, tetapi ini adalah pertama kalinya kami benar-benar mempelajari penyimpanan karbon biru,” kata Davidson.

Penelitian ini adalah yang pertama dari jenisnya untuk melihat secara eksklusif pada habitat laut ketika membahas masalah invasi dan penyimpanan karbon. Studi sebelumnya tentang penyimpanan karbon telah difokuskan terutama pada lingkungan darat seperti hutan.

Namun, rawa-rawa dan hutan bakau dapat menyimpan karbon pada kecepatan hingga 40 kali lebih cepat daripada hutan. Ahli biologi memperkirakan bahwa dunia telah kehilangan 25 hingga 50 persen habitat karbon biru di abad terakhir, dengan tambahan 8.000 kilometer persegi menghilang setiap tahun.

Ketika para pembuat kebijakan bekerja untuk mengurangi perubahan iklim dan dampak dari spesies invasif, pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem karbon biru menjadi sangat mendesak.

"Sekarang bagian dari solusi perubahan iklim global untuk mendapatkan kredit karbon di hutan. Tapi untuk habitat biru-karbon, versi kelautan, yang lebih lambat terwujud." kata rekan penulis studi dan ahli biologi kelautan SERC, Christina Simkanin.

Tim peneliti mengumpulkan data dari 104 studi yang berbeda, yang melibatkan 345 perbandingan di seluruh dunia. Setiap studi membandingkan ekosistem karbon-biru yang diinvasi dengan ekosistem tanpa invasif yang serupa. Para ilmuwan menggunakan data untuk menghitung berapa banyak biomassa nabati atau karbon tanah berubah di setiap lokasi dengan adanya spesies invasif.

Studi ini mengungkapkan bahwa ketika tanaman paling kuat menyerang, biomassa meroket. Penjajah ini lebih dari dua kali lipat biomassa ekosistem dan potensi untuk menyimpan karbon.

"Ketika Anda memiliki 'insinyur ekosistem' yang pada dasarnya masuk ke dalam sistem, mereka tidak hanya membantu membangun habitat, mereka tampaknya melakukannya dengan lebih agresif dan lebih efisien," kata Davidson.

Di sisi lain, ketika tanaman seperti ganggang menyerbu dan mengambil alih, biomassa turun lebih dari sepertiga. Selain itu, spesies hewan invasif memotong biomassa hampir setengahnya, meninggalkan ekosistem jauh lebih efektif daripada penyerap karbon biru.

"Hewan yang diperkenalkan pada dasarnya pergi ke sana makan, menginjak-injak, memotong dan menghancurkan biomassa," Davidson menjelaskan.

Rawa-rawa garam ditemukan untuk mendapatkan dorongan biomassa terbesar dari penjajah mereka - dengan rata-rata sekitar 91 persen. Para penulis penelitian menunjukkan bahwa mereka menemukan penelitian yang sangat terbatas tersedia pada lamun dan bakau, dan bahwa rawa-rawa garam merupakan bagian besar dari data yang dapat mereka analisis.

Rekan penulis studi Grace Cott menyimpulkan: “Manajer ekosistem akan dihadapkan dengan keputusan untuk memberantas atau mengendalikan spesies invasif. Informasi yang terkandung dalam penelitian ini dapat membantu manajer membuat keputusan jika penyimpanan karbon adalah fungsi yang ingin mereka tingkatkan." [RN]