trubus.id
Studi Membuktikan, Kura-kura Kaki Merah Punya Ingatan Panjang yang Luar biasa

Studi Membuktikan, Kura-kura Kaki Merah Punya Ingatan Panjang yang Luar biasa

Syahroni - Selasa, 21 Jul 2020 20:00 WIB

Trubus.id -- Pepatah lama menyebutkan, 'Seekor gajah tidak pernah lupa.' Begitu juga dengan kura-kura kaki merah atau red food tortoise. Yah, para ilmuwan telah menemukan bahwa kura-kura kaki merah dapat mengingat di mana mereka menyimpan makanan mereka hingga 18 bulan. Selain mengingat di mana mereka menyembunyikan makanan, mereka juga dapat mengingat simpanan mana yang menjadi favorit mereka.

Tentu saja, hal ini penting bagi hewan di alam liar untuk dapat menemukan sumber makanan mereka. Namun, penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Royal Society Biology Letters ini juga membuktikan bahwa kura-kura ini dapat mengingat informasi lebih lama dari yang diperkirakan para ilmuwan.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa selain kembali ke makanan mereka, kura-kura kaki merah juga mampu membuat keputusan tentang simpanan mana yang paling enak. Ini adalah pertama kalinya para ilmuwan menyadari bahwa reptil ini dapat menyimpan informasi dan melakukan penilaian tentang kualitas dan kuantitas makanan mereka.

Mengapa keterampilan ini penting? Anna Wilkinson dari University of Lincoln adalah bagian dari tim peneliti. Dia menjelaskan bahwa perilaku seperti itu sangat penting karena umur kura-kura, serta habitat aslinya.

“Memori jangka panjang adalah karakteristik penting bagi hewan yang hidup lama, terutama jika mereka menghuni lingkungan di mana sumber daya didistribusikan secara merata seperti hutan,” katanya. 

“Memori jangka panjang memungkinkan mereka untuk menyimpan informasi yang penting untuk kelangsungan hidup, seperti penampilan dan lokasi sumber daya utama.”

Untuk mempelajari kura-kura, para ilmuwan tidak menghabiskan waktu mengikuti makhluk-makhluk di sekitar dengan berlutut, gaya kura-kura, dari satu simpanan makanan hutan ke yang lainnya. Sebaliknya, mereka melatih reptil untuk mengasosiasikan lembaran berwarna tertentu dengan jumlah dan rasa makanan tertentu. Kura-kura dapat menggunakan isyarat untuk memilih makanan favorit mereka. Mereka juga dapat mengingat informasi ini 18 bulan kemudian. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020