trubus.id
Varietas Padi Baru yang Lebih Cepat Panen, Solusi untuk Banyak Petani di Asia

Varietas Padi Baru yang Lebih Cepat Panen, Solusi untuk Banyak Petani di Asia

Syahroni - Sabtu, 18 Jul 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Setelah mewawancarai sejumlah petani kecil di seluruh Asia Selatan dan Tenggara, para peneliti kini mengetahui salah satu kebutuhan utama yang mereka sebutkan adalah pengembangan varietas padi berdurasi lebih pendek dengan hanya 100 hari dari penaburan hingga panen.

Beberapa petani ingin memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan panen musim berikutnya, sedangkan petani lain khawatir tentang air irigasi yang habis selama musim kemarau. Manfaat lain di negara-negara seperti Filipina adalah mengurangi risiko cuaca buruk (mis., Topan) yang mempengaruhi tanaman dibandingkan dengan varietas berdurasi lebih lama.

Dalam sebuah artikel yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal Crop Science, kelompok beragam peneliti dari International Rice Research Institute (IRRI) yang terdiri dari ahli agronomi, ahli fisiologi, dan pemulia melaporkan tentang garis hasil tinggi, yang sudah matang sebelumnya untuk Asia tropis. Garis dikembangkan dari saluran pemuliaan padi irigasi IRRI.

Tim peneliti mengidentifikasi sifat agronomi utama untuk hasil tinggi dalam beras jangka pendek (SDR) yang akan membantu upaya pemuliaan di masa depan. Tim menemukan bahwa rasio sumber-ke-wastafel yang rendah adalah kendala hasil utama SDR dan menyarankan bahwa pemuliaan harus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber selama pengisian biji-bijian.

Yang penting, beberapa garis pemuliaan SDR baru menghasilkan 11-38% lebih tinggi daripada varietas durasi pendek paling populer. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan potensi besar untuk mengembangkan varietas padi jangka pendek yang lebih baik di masa depan. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020