Studi: 4 Spesies Jamur Asia Dipercaya Memiliki Sifat Anti-kanker

Syahroni - Rabu, 15 Jul 2020 14:00 WIB

Trubus.id -- Para peneliti dari Far East Federal saat ini tengah mempelajari 4 spesies jamur asia yang bisa membantu dokter melawan penyakit kanker. Keempat spesies tersebut disebut telah menunjukkan senyawa kimia alami yang mungkin memiliki sifat anti tumor.

“Di Tiongkok kuno, jamur dianggap sebagai pengobatan paling efektif untuk berbagai jenis tumor. Fungoterapi kontemporer mewakili bidang yang menjanjikan untuk penelitian ilmiah,” terang Dr. Vladimir Katanaev, kepala program farmakologi alami Universitas Far East Federal (FEFU) dalam rilis beritanya dilansir dari earth.com.

Sebuah tim internasional dari FEFU, Universitas Lausanne dan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia 'Far Eastern Branch menganalisis empat spesies jamur Asia, mendaftar tumor potensial yang dapat diobati oleh senyawa alami, termasuk sarkoma, kanker perut dan hati, dan leukemia. Tujuannya adalah untuk memandu penelitian jamur di masa depan untuk menentukan apakah mereka dapat digunakan untuk mengobati kanker ini.

Empat jamur Asia yang mereka pilih telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad, kata para peneliti. Karena penggunaannya yang lama, sifat kimianya telah dipelajari dan dijelaskan dalam penelitian yang ada, kata para ilmuwan, memberikan dasar penelitian baru untuk pekerjaan baru mereka.

Sekitar 90 persen jamur belum pernah diteliti untuk melihat apakah mereka memiliki sifat anti tumor atau antibakteri, kata rekan penulis Dr. Alexander Kagansky dari FEFU.

"Selama 60 tahun terakhir, tingkat studi yang berfokus pada jamur meningkat secara eksponensial, tetapi di banyak bidang penelitian jamur sebagai sumber potensial untuk produk bermanfaat masih diabaikan," tulis tim dalam penelitian mereka.

Beberapa studi yang berfokus pada jamur Asia dan sifat anti kankernya telah mengabaikan efek senyawa kimia pada sel sehat, tambah mereka.

“Secara umum, ada kemajuan yang kuat di bidang penelitian jamur obat dalam hal pengembangan obat antikanker, tetapi pekerjaan ini terus berlanjut dan banyak kemajuan masih menunggu kita, terutama di bidang target molekuler jamur obat dan kompleks saling mempengaruhi secara sinergis dari komponen mereka yang berbeda,” tulis mereka dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Oncotarget. [RN]