trubus.id
Cegah Bintik-bintik di Wajah dan Keriput dengan Ekstrak Daun Maple

Cegah Bintik-bintik di Wajah dan Keriput dengan Ekstrak Daun Maple

Syahroni - Rabu, 15 Jul 2020 13:00 WIB

Trubus.id -- Para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi ekstrak dari daun maple yang dapat membantu mencegah keriput. Penemuan itu dibuat setelah tim menganalisis manfaat kimia dan kesehatan dalam getah dan sirup pohon maple merah dan pohon maple gula.

Menurut pemimpin penelitian, Dr. Navindra P. Seeram, ada bukti bahwa bagian lain dari pohon itu juga bisa bermanfaat.

"Penduduk asli Amerika menggunakan daun dari pohon maple merah dalam sistem pengobatan tradisional mereka, jadi mengapa kita harus mengabaikan daunnya?" kata Dr. Seeram.

Protein seperti elastin membantu kulit mempertahankan elastisitasnya. Sebagai bagian dari proses penuaan, enzim elastase memecah elastin di kulit, menyebabkan keriput berkembang.

"Kami ingin melihat apakah ekstrak daun dari pohon maple merah dapat memblokir aktivitas elastase," jelas Dr. Hang Ma, rekan peneliti di lab Dr. Seeram di University of Rhode Island.

Para peneliti memfokuskan penyelidikan mereka pada senyawa fenolik dalam daun yang dikenal sebagai gallotannins yang mengandung glucitol-core (GCGs). Dalam tabung reaksi, mereka menganalisis kemampuan setiap senyawa untuk menghambat aktivitas elastase.

Studi komputasi juga digunakan untuk menguji bagaimana GCG berinteraksi dengan elastase untuk memblokir aktivitasnya, dan bagaimana struktur molekul mempengaruhi kemampuan ini.

GCG yang mengandung banyak kelompok galoyl ternyata lebih efektif daripada kelompok dengan satu galoyl tunggal. Penelitian sebelumnya oleh tim menunjukkan bahwa senyawa ini juga dapat melindungi kulit dari peradangan dan meringankan bintik-bintik gelap, termasuk bintik-bintik penuaan.

"Anda dapat membayangkan bahwa ekstrak ini dapat mengencangkan kulit manusia seperti Botox nabati, meskipun itu akan menjadi aplikasi topikal, bukan racun yang disuntikkan," kata Dr. Seeram.

Ekstrak akan memberikan alternatif nabati alami untuk konsumen perawatan kulit, dan para ilmuwan telah mengambil langkah-langkah untuk memasukkan ekstrak ke dalam produk. Mereka telah mengembangkan formula paten-tertunda yang mengandung GCG dari musim panas dan gugur daun maple dan getah maple, yang mereka beri nama MaplifaTM. Produk-produk tersebut pada akhirnya dapat bermanfaat bagi ekonomi lokal.

"Banyak bahan botani yang secara tradisional berasal dari Cina, India, dan Mediterania, tetapi gula maple dan maple merah hanya tumbuh di Amerika Utara bagian timur," kata Dr. Seeram.

Petani di wilayah tersebut, yang saat ini hanya memanen getah dari pohon maple, dapat memiliki sumber pendapatan tambahan dengan memanfaatkan daunnya, dan prosesnya akan berkelanjutan. Penelitian ini dipresentasikan pada Pertemuan & Eksposisi Nasional 256 dari American Chemical Society (ACS). [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020