trubus.id
Ternyata Ini Rahasia Dibalik Segarnya Aroma Pohon Pinus

Ternyata Ini Rahasia Dibalik Segarnya Aroma Pohon Pinus

Syahroni - Rabu, 15 Jul 2020 12:00 WIB

Trubus.id -- Pohon pinus memiliki aroma yang segar karena pelepasan gas volatil dari pohon tersebut. Tetapi sampai sekarang, para peneliti tidak yakin mengapa pohon pinus mengeluarkan aroma ini.

Para peneliti dari Universitas Leeds akhhirnya melakukan penelitian yang memberikan wawasan tentang cara kerja hutan pinus dan menawarkan penjelasan untuk aroma segar-pinus.

Menurut hasil yang diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience, aroma tersebut adalah hasil dari gas volatil yang dipancarkan dari hutan pinus yang membantu membiaskan cahaya.

Telah ditunjukkan bahwa partikel-partikel di atmosfer menyebarkan sinar matahari, itulah sebabnya mengapa cahaya dari matahari bergerak ke segala arah, bukan hanya dari arah matahari.

Untuk hutan, cahaya yang tersebar atau cahaya menyebar memastikan bahwa lebih banyak daun terkena sinar matahari yang seharusnya berada di tempat teduh di bawah sinar matahari langsung.

Para peneliti menemukan bahwa gas yang dipancarkan oleh pohon pinus teroksidasi di atmosfer dan membentuk partikel yang membantu meredakan lebih banyak cahaya dari matahari, memaparkan lebih banyak daun ke sinar matahari dan meningkatkan fotosintesis.

Setelah menjalankan beberapa simulasi model, para peneliti menemukan bahwa peningkatan partikel di atmosfer dari volatil tanaman meningkatkan penyerapan karbon oleh hutan pinus dengan jumlah yang sama dengan sepuluh persen dari emisi bahan bakar fosil global dan emisi industri.

“Hebatnya kami menemukan bahwa dengan mengeluarkan gas yang mudah menguap, hutan mengubah atmosfer Bumi dengan cara yang menguntungkan hutan itu sendiri,” kata Alexandru Rap, penulis utama studi tersebut.

"Sementara mengeluarkan gas yang mudah menguap menghabiskan banyak energi, kami menemukan bahwa hutan mendapatkan manfaat lebih dari dua kali lipat melalui efek peningkatan cahaya difus pada fotosintesis mereka." tambahnya lagi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020