trubus.id
Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Astri Sofyanti - Jumat, 10 Jul 2020 10:20 WIB

Trubus.id -- Pandemi Covid-19 membuat banyak orang menghabiskan waktu di rumah saja. Meski kini penerapan new normal mulai diberlakukan dan sebagian masyarakat mulai kembali ke kantor, tapi tak sedikit masyarakat yang masih menghabiskan waktu di rumah, salah satunya adalah kelompok rentan.

Melakukan aktivitas di rumah saja dalam jangka waktu beberapa bulan pasti membuat Anda merasa bosan bahkan stres. Tapi tahukah Anda bahwa berkebun ternyata efektif hilangkan stress bahkan bisa menjadi trauma healing loh.

Para ahli percaya bahwa berkebun bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh, lebih mengesankan dan lebih nyaman.

Aktivitas di kebun bisa meningkatkan kebahagiaan dan memperbaiki perasaan seseorang yang sedang dilanda stres atau depresi.

Warna hijau tanaman bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh. Sementara warna-warni bunga atau buah di kebun bisa meningkatkan kadar kebahagiaan orang hingga 30 sampai 40 persen.

Psikolog dokter Sue Stuart-Smith percaya bahwa berkebun dan menanam sayuran untuk dikonsumsi sendiri bisa membantu kesehatan mental selama masa pandemi Covid-19.

Baca Lainnya : Para Dokter di Inggris Resepkan Berkebun Sebagai Terapi Kesehatan

Sebagai penulis buku The Well-Gardened Mind, yang mengeksplorasi banyak cara di mana berkebun, sepanjang sejarah, telah digunakan sebagai terapi medis.

Ada bukti ilmiah yang mencolok tentang manfaat kesehatan mental hortikultura. Dan Dr Stuart-Smith mengatakan keinginan kita untuk menumbuhkan tanaman tidak pernah lebih nyata daripada saat sebelum keadaan menjadi seperti saat ini.

Sebuah contoh ekstrem dapat dilihat dalam kisah-kisah tentara yang membuat kebun di parit selama Perang Dunia Pertama. Mereka menanam sayuran untuk dimakan, dan bunga juga.

“Tentara di kedua sisi menulis di rumah meminta benih, morning glory, nasturtium dan marigold. Melihat hal-hal yang akrab tumbuh, di tengah ketakutan dan gangguan seperti itu, akan sangat meyakinkan,” ujar Sue.

Sue menambahkan, setelah bencana alam, orang juga beralih menanam. Para psikolog telah mempelajari bagaimana, setelah angin topan di AS dan Haiti, proyek-proyek berkebun komunitas didirikan dan membantu memulihkan normalitas dan rasa ketahanan.

“Putraku, yang adalah seorang arsitek, mengunjungi Fukushima, di Jepang, setelah tsunami yang melanda pada tahun 2011. Dia melihat orang-orang di perumahan darurat menanam tanaman dalam kaleng, atau wadah apa pun yang bisa mereka dapatkan dengan tangan mereka,” ungkap Sue.

Hubungan kami dengan hortikultura telah ada bahkan sebelum pertanian, katanya. Suku pemburu-pengumpul, ribuan tahun yang lalu, mencari makan dan membunuh hewan liar untuk makanan tetapi menanam tanaman di pemukiman mereka.

“Ada bukti mereka membudidayakan labu dan buah ara,” kata Sue.

“Tumbuhan ini akan berbiji sendiri dan tumbuh, di tumpukan kotoran misalnya. Orang-orang akan melihat mereka dan kemudian menyebarkannya,” imbuhnya.

Berkebun juga memberikan perasaan tentang siklus kehidupan, kepada anak-anak, yang dapat belajar bahwa benda-benda hidup kemudian mati.

Untuk orang dewasa yang lebih tua, ada perasaan bahwa ada sesuatu yang akan bertahan “setelah aku pergi.”

Sue bahkan berkeliling dunia untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan cerita tentang orang-orang yang berjuang dengan stres, depresi, dan trauma, dari pencari suaka hingga narapidana dan veteran perang.

Dirinya telah berbicara dengan kelompok-kelompok pemuda dalam kota dan komunitas pensiunan dan semua telah menemukan bantuan besar, dukungan dan harapan dari berkebun.

Baca Lainnya : Berkebun, Cara Baru Kurangi Risiko Kematian

“Salah satu alasan utama adalah bahwa merawat tanaman memenuhi kebutuhan manusia untuk memelihara,” ungkao Sue.

Pertanian bisa sangat fungsional. Tetapi dengan berkebun, kami memikirkan tanaman pada tingkat individu.

“Mungkin terdengar sentimental, tetapi kami memang membentuk ikatan dengan mereka, dan merawat mereka,” ungkap Sue.

Berkebun Bisa Digunakan Sebagai Terapi

Menurut Sue, berkebun adalah kegiatan utama pasien di rumah sakit jiwa Victoria dan dapat digunakan sebagai terapi untuk tentara yang menderita gangguan stres pasca-trauma.

Berkebun memberi mereka pekerjaan yang sehat, menurut teks sejarah. Dan hari ini, kata Sue, berkebun 'diresepkan' sebagai terapi untuk mantan tentara yang menderita gangguan stres pasca-trauma dan untuk anak-anak dengan autisme.

”Tanaman tidak peduli siapa kita atau apa yang telah kita lakukan,” jelasnya.

Tahanan perempuan di New York yang mengerjakan proyek rumah kaca mengatakan kepada Sue, "Kami memberi tahu tanaman rahasia kami,” ujarnya.

Orang sering menggambarkan perasaan tenang dan penerimaan di alam. Bagi para wanita itu, taman adalah tempat di mana mereka bisa membuka dan merawat sesuatu.

Cerita serupa dari para wanita profesional di Swedia yang menderita kelelahan dan mental yang terganggu dan diberi resep berkebun sebagai terapi.

“Tanaman tidak menghakimi kita,” ujar mereka.

Hubungan yang bermanfaat ini mungkin menjelaskan mengapa berkebun dikaitkan dengan peningkatan kadar zat kimia perasaan nyaman di otak.

Kadar hormon stres kortisol juga diturunkan, menurut banyak penelitian. “Mengonsumsi kecantikan alami adalah pemicu endorfin - bahan kimia di otak yang menyebabkan rasa keracunan ringan,” ujarnya.

Merawat tanaman adalah tindakan meditatif yang penuh perhatian. Kami fokus pada sesuatu di luar kekhawatiran kami, jika hanya untuk beberapa saat. Ini dapat membantu mengelola stres dan kecemasan.

Tahukah Anda bahwa aroma tanah yang disiram air bisa membuat kita relax. Sue mengatakan bahwa aroma itu adalah geosmin, senyawa yang diproduksi oleh bakteri di tanah seolah mengeluarkan parfum.

Ketika berkebun, seseorang menelan sejumlah kecil bakteri tanah lain mungkin menjadi alasan studi menunjukkan tukang kebun memiliki jangkauan yang lebih luas 'mikroba ramah' di saluran pencernaan mereka yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang sehat.

“Saya menanam tomat, kentang, dan cukini, dan ketika saya melihat tunas muncul, saya merasa menang,” ujarnya. “Ini sesuatu yang sangat sederhana, tapi itu bisa memberi kita harapan,” tutupnya.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Environmental Health Perspectives, para peneliti menemukan, bahwa orang yang tinggal di lokasi yang dipenuhi tanaman terbukti memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik ketimbang orang yang hidup dengan minim tanaman. Mereka juga menemukan, bahwa 30 persen dari manfaat mengurangi kematian yang dihasilkan saat tinggal di dekat tanaman berasal dari tingkat depresi yang lebih rendah.

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020