trubus.id
Begini Cara Terbaik Merawat Tanaman Agar Tetap Sehat Selama Musim Panas Ekstrem

Begini Cara Terbaik Merawat Tanaman Agar Tetap Sehat Selama Musim Panas Ekstrem

Syahroni - Selasa, 07 Jul 2020 17:00 WIB

Trubus.id -- Mengukur penggunaan air tanaman dan memahami bagaimana tanaman menggunakan dan menghemat air di iklim yang berbeda, dapat membantu menghitung tanaman mana yang berada di bawah tekanan panas pada skala global dan di kebun Anda sendiri.

Alastair Culham, Associate Professor Botany di University of Reading, baru-baru ini menulis sebuah artikel untuk The Conversation yang meneliti berbagai metode penyiraman yang optimal untuk memastikan bahwa bunga dan sayur-sayuran taman tumbuh subur bahkan dengan suhu musim panas ekstrem belakangan ini.

"Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk memungkinkan reaksi kimia dalam sel mereka yang menyediakan energi untuk pertumbuhan. Tumbuhan juga membutuhkan air untuk membawa nutrisi dari tanah ke sel-sel yang tumbuh." tulis Culham dilansir dari The Conversation.

Baca Lainnya : 10 Tanaman Hias Rendah untuk Mempercantik Kamar atau Kantor yang Redup

Menjaga taman tetap sehat dan berkembang membutuhkan lebih dari sekadar menyiram tanaman setiap hari. Anda juga harus memahami apa yang harus dicari di tanah dan daun sehingga tanaman dapat berfotosintesis secara efektif.

Saat suhu naik, tanaman membutuhkan lebih banyak air dan perhatian, tetapi kapan waktu terbaik untuk menyirami kebun Anda sendiri.

“Penyiraman malam memberi banyak waktu bagi air untuk menembus tanah dan bagi tanaman untuk mengambilnya, tetapi ada kekhawatiran bahwa daun yang lembap semalaman akan memberikan akses ke penyakit. Di sisi lain, penyiraman pagi berarti daun akan mengering lebih cepat - tetapi ada sedikit kesempatan bagi air untuk menembus tanah dan bagi tanaman untuk mengambilnya sebelum hari menjadi panas." tulis Culham lagi. 

Menurut Culham, yang terbaik adalah menjaga tanaman dari sinar matahari langsung dan menyirami mereka di sore hari atau pagi hari. Ini akan memberikan banyak waktu bagi daun untuk mengering tetapi masih menyediakan air yang cukup untuk proses kimia tanaman.

Baca Lainnya : Ternyata Hal Ini yang Membuat Tanaman Terlindung dari Overdosis Sinar Matahari

Jika Anda perhatikan layu di tanaman Anda, itu mungkin bukan penyebab langsung untuk khawatir. Beberapa tanaman menggunakan metode layu sebagai cara untuk menghemat air, tetapi penting untuk tetap mengawasi tanaman dan tanah.

Overwatering atau air berlebih juga merupakan masalah karena meskipun lapisan permukaan atas tanah kering tanaman masih bisa mendapatkan banyak air dari lapisan bawah.

Secara keseluruhan, untuk memastikan taman yang sehat, jauhkan tanaman dari sinar matahari, jika mungkin, dan perhatikan dengan cermat berapa banyak air yang diambil oleh tanaman karena ini dapat membantu menunjukkan seberapa banyak tekanan panas pada tanaman.

"Jadi pesannya jelas, nikmati taman Anda di saat panas, tapi ingat bahwa tanaman Anda mirip dengan kita manusia - mereka juga butuh sedikit naungan dan minuman yang menyenangkan," simpul Culham. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020