trubus.id
Studi: Anjing Tingkatkan Kesejahteraan Sosial dan Emosional Anak-anak

Studi: Anjing Tingkatkan Kesejahteraan Sosial dan Emosional Anak-anak

Syahroni - Senin, 06 Jul 2020 20:00 WIB

Trubus.id -- Anjing dapat membantu anak kecil belajar mengelola emosi mereka dan mengembangkan hubungan yang lebih bermakna. Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan oleh Springer, peneliti telah menemukan bahwa anak-anak dari rumah tangga dengan anjing peliharaan telah meningkatkan kesejahteraan sosial dan emosional dibandingkan dengan anak-anak tanpa anjing di rumahnya.

Para ahli menganalisis data survei dari studi Play Spaces and Environments for Children's Activity Activity (PLAYCE), yang melibatkan 686 rumah tangga yang memiliki anjing dengan anak-anak berusia antara dua dan lima tahun. Untuk studi PLAYCE, orang tua menilai aktivitas fisik dan perkembangan sosial-emosional anak-anak mereka.

Setelah memperhitungkan faktor-faktor lain yang relevan, para peneliti menemukan bahwa anak-anak dari rumah tangga yang memelihara anjing memiliki kemungkinan 23 persen lebih kecil untuk mengalami kesulitan dengan emosi dan interaksi sosial mereka.

Selain itu, anak-anak dengan anjing di rumah memiliki kemungkinan 30 persen lebih kecil untuk terlibat dalam perilaku antisosial, 34 persen lebih mungkin untuk berbagi dan menunjukkan pertimbangan, dan 40 persen lebih sedikit mengalami kesulitan berinteraksi dengan anak-anak lain.

Rekan penulis studi, Profesor Hayley Christian, adalah peneliti senior di Telethon Kids Institute dan profesor di University of Western Australia.

"Sementara kami berharap bahwa kepemilikan anjing akan memberikan beberapa manfaat bagi kesejahteraan anak-anak, kami terkejut bahwa keberadaan anjing keluarga semata-mata dikaitkan dengan banyak perilaku dan emosi positif," kata Profesor Christian.

Anak-anak yang kerap berinteraksi dengan anjing mereka sering ditemukan menuai banyak manfaat. Mereka yang sering jalan-jalan dengan anjing keluarga setiap minggu memiliki kemungkinan 36 persen lebih kecil untuk memiliki perkembangan sosial dan emosional yang buruk dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Selain itu, anak-anak yang bermain dengan anjing keluarga mereka setidaknya tiga kali per minggu adalah 74 persen lebih mungkin untuk secara teratur terlibat dalam perilaku yang baik.

"Temuan kami menunjukkan bahwa kepemilikan anjing dapat bermanfaat bagi perkembangan dan kesejahteraan anak-anak dan kami berspekulasi bahwa ini dapat dikaitkan dengan keterikatan antara anak-anak dan anjing mereka," kata Profesor Christian.

"Keterikatan yang lebih kuat antara anak-anak dan hewan peliharaan mereka dapat tercermin dalam jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain dan berjalan bersama dan ini dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional."

Menurut penulis, penelitian ini dibatasi oleh sifat pengamatannya dan tidak menetapkan mekanisme pasti yang menghubungkan kepemilikan anjing dengan peningkatan dalam perkembangan sosial dan emosional pada anak-anak.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai efek sosial-emosional dari berbagai jenis hewan peliharaan, dan pengaruh potensial kelekatan yang dimiliki anak-anak terhadap hewan peliharaan mereka.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Pediatric Research. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020