trubus.id
Jaga Kelestarian, 1.000 Ikan Endemik Oliv Dilepasliarkan di Merauke

Jaga Kelestarian, 1.000 Ikan Endemik Oliv Dilepasliarkan di Merauke

Binsar Marulitua - Sabtu, 04 Jul 2020 22:00 WIB

Trubus.id -- Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP melakukan pelepasliaran atau restocking 1.000 ekor Ikan Oliv berukuran 5 – 10 cm di Bendali Sudirman Distrik Semangga, Kabupaten Merauke, daerah paling timur Indonesia. Hal ini sebagai upaya pelestarian ikan endemik di bumi Cenderawasih tersebut.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan dan diharapkan ikan endemik di Kabupaten Merauke tetap lestari," kata Kepala BKIPM, Rina di Jakarta,  Jumat (3/7/2020) jelasnya .
 
Rina mengungkapkan, restocking menjadi bagian dari Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2020 melalui Bakti Lingkungan yang dilaksanakan oleh Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Merauke. Menurutnya, ikan Oliv tergolong jenis ikan hias yang hidup di perairan tawar Kabupaten Merauke.

Baca Lainnya : KKP Restocking 205 Ribu Ekor Rajungan untuk Selamatkan Tangkapan Nelayan

Ikan ini diperoleh dari masyarakat (pengumpul). Lokasi pelepasliaran berada di Bendali Soedirman yaitu sebuah waduk buatan pada koordinat 8°23’49.8” S, 140°28’47,2” E, berjarak 500 meter dari Kantor Kepala Kampung Marga Mulya atau sekitar 30 menit dari Kota Merauke.

"Pemilihan lokasi pelepasliaran tersebut didasarkan pada keberadaan alamiahnya di semua tipe perairan air tawar di Kabupaten Merauke, baik tergenang maupun mengalir," urainya. 

Sementara itu Kepala SKIPM Merauke, Nikmatul Rochmah mengungkapkan alasan lain pemilihan lokasi tersebut karena kondisi kelimpahan air yang stabil di musim kemarau serta relatif minimnya ikan introduktif invasif seperti ikan Gabus dibandingkan di perairan umum. 

Pelepasliaran dilakukan pada pukul 11.00 WIT dengan kondisi cerah dan melalui proses aklimatisasi (penyesuaian lingkungan) selama 5 – 10 menit pada Rabu, 1 Juli. 

Baca Lainnya : 20 Persen dari 5,5 Juta Serangga Teridentifikasi di Dunia saat Peneliti Ramalkan Kepunahan
 
"Melalui pelepasliaran ini semoga keberadaan ikan Oliv yang sudah jarang ditemukan kembali berkembang dan lestari dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat Merauke," kata Nikmatul. 

 

Editor : Binsar Marulitua

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020