trubus.id
Pemerintah Belanda Kembali Temukan Peternakan Mink yang Terinfeksi Covid-19

Pemerintah Belanda Kembali Temukan Peternakan Mink yang Terinfeksi Covid-19

Syahroni - Jumat, 03 Jul 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Pihak berwenang Belanda kembali mengumumkan adanya temuan peternakan mink yang telah terinfeksi dengan virus corona baru, Jumat *3/7). Temuan ini menambah jumlah total peternakan yang terinfeksi menjadi 18 peternakan. Total 18 ribu ekor mink sudah dimusnahkan akibat kejadian ini. 

Dilansir dari AFP, wabah itu dilaporkan terjadi di sebuah peternakan di Landhorst di tenggara Belanda. Dalam sebuah pernytaan Kementerian Kesehatan negera itu menyebut, di wilayah yang sama juga sebelumnya ditemukan 17 peternakan lainnya yang terinfeksi.

"Infeksi itu ditemukan karena bulu itu menunjukkan gejala penyakit dan petani wajib melaporkannya. Peternakan, yang memiliki lebih dari 4.300 hewan "akan dibersihkan secepat mungkin," tulis pihak Kementerian Kesehatan Belanda dalam keterangan resminya dilansir dari AFP.

Belanda pertama kali melaporkan temuan peternakan mink yang terinfeksi Covid-19 pada bulan April lalu. Saat itu dua peternakan mink yang dilaporkan. Setidaknya dua pekerja juga terinfeksi dalam apa yang dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia bisa menjadi penularan dari hewan ke manusia yang pertama.

Bulan lalu pihak berwenang memusnahkan ribuan mink di peternakan yang terinfeksi oleh coronavirus. 

PertanianPeternakan mink untuk diambil bulunya adalah subjek kontroversial di Belanda, di mana semua peternakan bulu harus dihapuskan pada tahun 2024 mendatang. Pekan lalu anggota parlemen Belanda memberikan suara sangat mendukung penutupan peternakan bulu pada akhir tahun, dengan pemerintah mengatakan sedang bekerja pada rencana untuk membantu petani menutup pertanian.

Belanda telah melaporkan lebih dari 50.000 infeksi coronavirus, dengan lebih dari 6.100 kematian, menurut angka resmi.

Mink sendiri merupakan mamalia genus Neovison dan Mustela yang merupakan bagian dari keluarga Mustelidae (berang-berang dan musang) yang banyak ditemukan di benua Amerika dan Eropa.

Diyakini, hewan mamalia mink bisa menularkan virus corona atau Covid-19 ke manusia. Kemungkinan seekor mink bisa tularkan virus corona ke manusia tersebut, terungkap dari hasil penelitian yang baru-baru ini dilakukan. Hasil penelitian baru itu mengungkap mink bisa tularkan Covid-19 ke manusia.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020