trubus.id
Konsumsi Susu Mentah dapat Membahayakan Kesehatan Manusia?

Konsumsi Susu Mentah dapat Membahayakan Kesehatan Manusia?

Syahroni - Rabu, 01 Jul 2020 19:00 WIB

Trubus.id -- Susu selama ini terkenal akan nutrisinya yang sangat baik buat kesehatan manusia. Namun demikian, sebuah penelitian menunjukkan bahwa susu mentah ternyata dapat juga membahayakan kesehatan.

Sebuah studi baru dari UC Davis yang dipublikasikan dalam jurnal Microbiome mengungkapkan bahwa susu mentah yang ditemukan di toko-toko A.S. mungkin menjadi sumber resistensi antimikroba. Para ahli melaporkan bahwa susu yang tidak dipasteurisasi yang dibiarkan pada suhu ruangan dapat menampung jumlah gen yang resisten antimikroba yang sangat tinggi.

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang mengandung gen resisten antimikroba dapat memindahkannya ke bakteri lain, yang berpotensi menyebarkan resistensi.

Baca Lainnya : Penelitian Terbaru: Susu Mungkin Tidak Baik untuk Kesehatan Kita

“Kami tidak ingin menakut-nakuti orang, kami ingin mendidik mereka. Jika Anda ingin terus minum susu mentah, simpanlah di lemari es Anda untuk meminimalkan risiko berkembangnya bakteri dengan gen yang kebal antibiotik,” kata ketua penulis studi, Jinxin Liu seperti dilansir dari earth.com.

Susu yang tidak dipasteurisasi sering disahkan memiliki banyak probiotik, atau bakteri sehat, dibandingkan dengan susu yang dipasteurisasi. Namun, para peneliti menemukan bahwa ini bukan masalahnya.

“Dua hal mengejutkan kami. Kami tidak menemukan bakteri menguntungkan dalam jumlah besar dalam sampel susu mentah, dan jika Anda meninggalkan susu mentah pada suhu ruangan, itu menciptakan gen yang jauh lebih tahan terhadap antimikroba daripada susu yang dipasteurisasi,” jelas Liu lagi.

Ketika gen yang resisten terhadap antimikroba diteruskan ke patogen, mereka memiliki potensi untuk menjadi "super" yang sulit diobati. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit Amerika, hampir tiga juta orang mendapatkan infeksi yang kebal antibiotik setiap tahun, yang mengakibatkan lebih dari 35.000 kematian.

Tim UC Davis menganalisis lebih dari 2.000 sampel susu pasteurisasi dan susu mentah dari toko ritel di lima negara bagian di Amerika Serikat. Susu mentah ditemukan mengandung prevalensi tertinggi mikroba resisten antibiotik ketika dibiarkan pada suhu ruangan.

Baca Lainnya : Benarkah Minum Susu Setiap Hari Dapat Menyebabkan Kanker Payudara?

"Studi kami menunjukkan bahwa dengan penyalahgunaan suhu dalam susu mentah, baik disengaja atau tidak, dapat menumbuhkan bakteri ini dengan gen resistensi antimikroba. Ini tidak hanya akan merusak. Ini risiko yang sangat tinggi jika tidak ditangani dengan benar," kata rekan penulis studi Michele Jay-Russell. 

Beberapa orang menggunakan susu clabbered, yang telah ditinggalkan pada suhu ruangan untuk difermentasi, sebagai berbagai resep. Rekan penulis studi David Mills mengatakan bahwa ketika konsumen makan susu mentah, mereka cenderung menambahkan sejumlah besar gen yang tahan antimikroba ke usus mereka.

"Anda bisa saja membanjiri saluran pencernaan Anda dengan gen-gen ini. Kami tidak lagi hidup di dunia yang bebas antibiotik. Gen-gen ini ada di mana-mana, dan kita perlu melakukan segala yang kita bisa untuk menghentikan aliran itu ke dalam tubuh kita." kata Mills. 

Mills merekomendasikan agar konsumen menggunakan biakan starter jika mereka ingin memfermentasi susu mentah, yang membawa strain bakteri tertentu untuk menyuntik susu. Namun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami risiko kesehatan bagi manusia yang terkait dengan gen resisten antibiotik dalam susu mentah ini. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020