trubus.id
Ikan Guppy Menggunakan Teknik Matador untuk Menghindari Predator

Ikan Guppy Menggunakan Teknik Matador untuk Menghindari Predator

Hernawan Nugroho - Selasa, 30 Jun 2020 17:00 WIB

Trubus.id -- Penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology telah menemukan trik pintar yang digunakan oleh guppy untuk menghindari predator. Sama seperti matador yang melambaikan jubah merah provokatif mereka, guppy memfokuskan titik serangan predator sebelum menghindar pada saat-saat terakhir untuk menghindari cedera.

Guppy malah menarik perhatian penyerang mereka dengan mengubah iris mata mereka menjadi hitam. Ini membuat ikan yang panjangnya sekitar 10 hingga 40 milimeter (0,3 hingga 1,6 inci) itu mudah dikenali. Predator utama mereka adalah cichlids tombak, dan guppy akan sering mendekati mereka untuk menguji air dalam melihat apakah mereka saat ini lapar dan sedang mencari mangsa atau tidak. Mata mereka yang gelap memprovokasi cichlids untuk menyerang kepala mereka alih-alih tubuh mereka, dan jika mereka mengambil umpan, para guppy menggunakan refleks cepat mereka untuk melecut pada saat terakhir dan melarikan diri.

Baca Lainnya : Terungkap, Ternyata Ini Alasan Mengapa Ikan Cupang Gemar Bertarung

"Kami memperhatikan bahwa guppy akan mendekati cichlid pada suatu sudut, dengan cepat menggelapkan mata mereka menjadi hitam pekat, dan kemudian menunggu untuk melihat apakah itu akan menyerang," kata pemimpin penulis Dr Robert Heathcote, yang melakukan pekerjaan eksperimental di Exeter dan sekarang di Universitas Bristol, dalam sebuah pernyataan. "Meskipun tampaknya benar-benar berlawanan dengan intuisi untuk membuat predator menyerang kepalamu, strategi ini bekerja dengan sangat baik karena guppies menunggu sampai predator melakukan serangan sebelum berputar keluar dari jalan."

Interaksi predator-mangsa begitu cepat, sekitar tiga-ratus per detik, sehingga hanya bisa diamati menggunakan kamera kecepatan tinggi. Ketika guppy membuat kehadiran mereka diketahui dengan mata mereka yang gelap, mereka menggunakan "pewarnaan mencolok", yang merupakan perilaku yang terlihat dalam beragam spesies yang mencoba menarik pasangan, predator yang mengintimidasi, atau mengiklankan toksisitas mereka sendiri. Namun, teknik penghindaran seperti matador adalah teknik yang belum pernah diamati sebelumnya, tetapi para peneliti berpendapat bahwa teknik ini kemungkinan juga digunakan oleh spesies lain.

Baca Lainnya : Dampak Lockdown Italia Membuat Ikan Kecil dan Lumba-Lumba Bermunculan

"Kami tidak tahu pasti, tetapi tampaknya sangat mungkin bahwa hewan lain juga menggunakan strategi 'matador' seperti yang telah kami identifikasi pada ikan guppy," kata Profesor Darren Croft, dari University of Exeter. "Mata adalah salah satu struktur yang paling mudah dikenali di dunia alami dan banyak spesies berusaha keras untuk menyembunyikan dan menyamarkan mata mereka untuk menghindari perhatian yang tidak diinginkan dari pemangsa. Beberapa spesies, bagaimanapun, memiliki mata yang mencolok atau menonjol dan, sebagian besar, tetap menjadi misteri mengapa ini terjadi.

Editor : System

Berita Terkait

02 Juli 2020
01 Juli 2020
01 Juli 2020