trubus.id
Tomat dan Buah Segar Bantu Tingkatkan Kesehatan Paru-paru Mantan Perokok

Tomat dan Buah Segar Bantu Tingkatkan Kesehatan Paru-paru Mantan Perokok

Syahroni - Rabu, 24 Jun 2020 19:00 WIB

Trubus.id -- Mantan perokok memiliki risiko penyakit paru-paru yang sangat besar. Namun demikian, risiko ini bisa diminimalisir dengan buah-buahan segar. Dalam penetilian yang dilakukan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health diungkapkan, diet tinggi tomat dan buah dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru secara alami. Ini menunjukkan bahwa unsur-unsur tertentu dari makanan ini, terutama tomat dan apel, dapat mendorong pemulihan kerusakan paru-paru akibat merokok.

Penelitian ini merupakan bagian dari proyek Penuaan Paru-paru dalam Studi Kelompok Eropa/ Ageing Lungs in European Cohorts (ALEC), yang didanai oleh Komisi Eropa. Vanessa Garcia-Larsen adalah asisten profesor di Departemen Kesehatan Internasional Sekolah Bloomberg sekaligus penulis utama studi yang dipublikasikan dalam European Respiratory Journal ini.

“Studi ini menunjukkan bahwa diet dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada orang yang berhenti merokok. Ini juga menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan dapat memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda tidak pernah merokok," kata Garcia-Larsen. "Temuan ini mendukung perlunya rekomendasi makanan, terutama bagi orang yang berisiko terkena penyakit pernapasan seperti COPD." tukasnya lagi.

Para ahli menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi setidaknya dua tomat atau tiga porsi buah segar per hari menunjukkan penurunan fungsi paru-paru lebih lambat daripada orang yang makan kurang dari satu tomat atau satu porsi buah. Efek perlindungan hanya diamati pada buah-buahan segar dan tomat, dan tidak pada makanan olahan seperti saus tomat.

Tim peneliti juga menemukan penurunan fungsi paru yang lebih lambat di antara semua orang dewasa dengan konsumsi tomat tertinggi, termasuk mereka yang tidak merokok.

Untuk investigasi mereka, para peneliti menganalisis fungsi paru-paru lebih dari 650 orang dewasa pada tahun 2002, dan mengulangi tes yang sama pada tahun 2012. Hubungan antara fungsi paru-paru yang lebih kuat dan diet sangat lazim pada mantan perokok. Mantan perokok yang mengonsumsi makanan tinggi tomat dan buah-buahan mengalami penurunan sekitar 80 ml lebih lambat selama periode pengamatan sepuluh tahun.

"Fungsi paru-paru mulai menurun pada sekitar usia 30 pada kecepatan variabel tergantung pada kesehatan umum dan spesifik individu. Studi kami menunjukkan bahwa makan lebih banyak buah secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan seiring bertambahnya usia orang, dan bahkan mungkin membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok. Diet bisa menjadi salah satu cara memerangi meningkatnya diagnosis COPD di seluruh dunia.” kata Garcia-Larsen. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020