trubus.id
Peneliti Menemukan Teknologi Gelembung Sabun untuk Menyerbuki Kebun Buah

Peneliti Menemukan Teknologi Gelembung Sabun untuk Menyerbuki Kebun Buah

Hernawan Nugroho - Selasa, 23 Jun 2020 07:00 WIB

Trubus.id -- "Kedengarannya seperti fantasi, tetapi gelembung sabun fungsional memungkinkan penyerbukan yang efektif dan memastikan bahwa kualitas buah-buahan sama dengan penyerbukan tangan konvensional," kata penulis senior Eijiro Miyako, seorang profesor di School of Material Science di Jepang. Institut Sains dan Teknologi Lanjut. "Dibandingkan dengan jenis penyerbukan jarak jauh lainnya, gelembung sabun fungsional memiliki potensi inovatif dan sifat unik, seperti pengiriman butiran serbuk sari yang efektif dan nyaman ke bunga yang ditargetkan dan fleksibilitas tinggi untuk menghindari kerusakan."

Miyako dan rekan-rekannya sebelumnya menerbitkan sebuah penelitian di jurnal Chem, di mana mereka menggunakan mainan kecil drone untuk menyerbuki bunga yang sedang mekar. Meskipun panjang drone hanya dua sentimeter, para peneliti berjuang untuk mencegahnya dari menghancurkan bunga saat menabrak mereka. Saat mencari teknik penyerbukan buatan yang lebih ramah bunga, Miyako menghabiskan satu hari di taman meniup gelembung dengan putranya. Ketika salah satu gelembung bertabrakan dengan wajah putranya Miyako menemukan inspirasinya.

Baca Lainnya : Ini Dia Rahasia yang Membuat Pohon Tomat Memiliki Buah Besar dan Berair

Setelah mengkonfirmasikan melalui mikroskop optik bahwa gelembung sabun dapat membawa butiran serbuk sari, Miyako dan Xi Yang, rekan penulis pada penelitian, menguji efek dari lima surfaktan yang tersedia secara komersial pada aktivitas serbuk sari dan pembentukan gelembung. Surfaktan lauramidopropyl betain (A-20AB) yang dinetralkan menang atas para pesaingnya, memfasilitasi perkecambahan serbuk sari yang lebih baik dan pertumbuhan tabung yang berkembang dari setiap butir serbuk sari setelah diendapkan pada bunga. 

Berdasarkan analisis laboratorium dari konsentrasi sabun yang paling efektif, para peneliti menguji kinerja butiran pir serbuk sari dalam larutan gelembung sabun 0,4% A-20AB dengan pH yang dioptimalkan dan menambahkan kalsium dan ion lain untuk mendukung perkecambahan. Setelah tiga jam penyerbukan, aktivitas serbuk sari yang dimediasi melalui gelembung sabun tetap stabil, sementara metode lain seperti penyerbukan melalui bubuk atau larutan menjadi kurang efektif.

Miyako dan Yang kemudian memasukkan larutan tersebut ke dalam alat peniup gelembung dan melepaskan gelembung yang mengandung serbuk sari ke kebun buah pir. Mereka menemukan bahwa teknik tersebut mendistribusikan butiran serbuk sari (sekitar 2.000 per gelembung) ke bunga yang mereka targetkan, menghasilkan buah yang menunjukkan keberhasilan penyerbukan. Akhirnya, para peneliti memuat drone otonom yang dikendalikan GPS dengan gelembung sabun fungsional, yang mereka gunakan untuk mengarahkan gelembung sabun pada bunga lili palsu (karena bunga tidak lagi mekar) dari ketinggian dua meter, mencapai target mereka pada 90% tingkat keberhasilan ketika mesin bergerak pada kecepatan dua meter per detik.

Baca Lainnya : Penelitian Ekplorasi Bagaimana Hama Mengendus Keberadaan Buah Anggur

Meskipun pendekatan penyerbukan ini tampak menjanjikan, masih banyak teknik yang diperlukan untuk meningkatkan presisi. Ditambah lagi, dengan gelembung sabun, cuaca adalah kunci - tetesan hujan dapat menghanyutkan gelembung yang mengandung serbuk sari dari bunga, sementara angin kencang mungkin membuat mereka meleset dari lokasi tujuan.

Selanjutnya, Miyako dan rekannya berencana untuk mengatasi masalah limbah yang dihasilkan oleh prototipe penyerbuk buatan, karena sebagian besar gelembung masih gagal mendarat pada bunga target mereka. "Saya percaya bahwa teknologi inovatif lebih lanjut, seperti lokalisasi dan pemetaan canggih, persepsi visual, perencanaan jalur, kontrol gerak, dan teknik manipulasi akan sangat penting untuk mengembangkan penyerbukan robot presisi otonom dalam skala besar," kata Miyako .

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020