trubus.id
Makan Buah Sebelum Tidur, Meski Buah Sehat, Ternyata Ada Hal yang Harus Diperhatikan

Makan Buah Sebelum Tidur, Meski Buah Sehat, Ternyata Ada Hal yang Harus Diperhatikan

Hernawan Nugroho - Minggu, 21 Jun 2020 20:14 WIB

Trubus.id -- Mengonsumsi buah memang membantu tubuh mendapatkan gizi seimbang. Apalagi buah kaya vitamin dan mineral. Mungkin Trubus Mania ada yang suka makan buah di pagi hari, saat sebelum makan, atau mungkin ada yang suka makan buah di malam hari sebelum tidur.

Ada pendapat yang menyebutkan bahwa makan sebelum tidur bisa menganggu tidur dan menyebabkan berat badan naik. Bagaimana dengan makan buah? Apakah makan buah sebelum tidur juga tidak baik?

Bersumber dari SFGATE, Tam Fry dari National Obesity Forum menyebutkan bahwa makan di luar pola makan tiga kali sehari bisa menganggu hormon yang mengatur selera makan dan asupan kalori.

Baca Lainnya : Konsumsi Buah dan Sayuran, Hindari Pria dari Risiko Kehilangan Daya Ingat

Tapi, meskipun begitu, asupan buah sebagai makanan ringan bisa dijadikan pilihan makanan di malam hari. Jika memang ingin makan makanan ringan, mengonsumsi buah bisa menjadi alternatif makanan ringan sebelum kita tidur. Buah bisa jadi pilihan yang lebih bernutrisi jika dibandingkan makanan yang manis atau makanan yang berlemak.

Sebagian besar buah memiliki tingkat kalori yang rendah. Sehingga, kebiasaan makan buah sebelum tidur secara umum tidak menyebabkan kenaikan berat badan, jika dibandingkan dengan kebiasaan makan camilan manis atau berlemak sebelum tidur.

Namun, makan asupan kalori tambahan juga bisa menambah berat badan jika dilakukan setiap hari. Jadi, kalau kalori sudah cukup tapi kita tetap makan makanan yang menambah jumlah kalori, maka akan tetap ada sisa kalori di tubuh.

Nah, kalau terlalu banyak kalori, maka jadinya juga bisa berpotensi membuat kelebihan berat badan. Sehingga, harus diperhatikan juga jumlah buah yang dikonsumsi sebelum tidur, serta kalorinya. Jadi, boleh-boleh saja makan buah sebelu tidur, hanya saja usahakan tidak berlebihan.

Bagi orang yang memiliki masalah pencernaan, mungkin makan buah bukan pilihan yang baik. Misalnya, seseorang yang memiliki kondisi sindrom iritasi usus atau gangguan penyerapan fruktosa.

Kenapa begitu?

Untuk orang yang memiliki gangguan pencernaan, makan buah sebelum tidur justru bisa membuat perut sakit dan menganggu tidur. Akibatnya, ia bisa merasa lemas keesokan harinya karena kualitas tidurnya terganggu.

Untuk seseorang yang memiliki kondisi refluks asam lambung (GERD), makan buah sebelum tidur juga bisa menganggu lambungnya. Apalagi, kalau buah yang dikonsumsi adalah buah dengan kandungan asam yang tinggi, seperti buah jeruk atau nanas. Sehingga, sebaiknya orang yang memiliki kondisi refluks asam lambung tidak mengonsumsi buah yang tinggi kandungan asamnya sebelum tidur.

Baca Lainnya : Cegah COVID-19, Ahli Gizi Ajak Masyarakat Perbanyak Makan Sayur dan Buah untuk Perkuat Imun Tubuh

Jika tidak memiliki gangguan pencernaan, tetap ada hal yang harus diperhatikan jika ingin mengonsumsi buah sebelum tidur.

Hindari mengonsumsi buah kalengan dan lebih baik memilih buah segar. Jika makan buah setelah makan makanan lannya, hindari makan buah bersama makanan pedas atau tinggi lemak yang bisa menganggu tidur.

Jika ingin menambahkan buah dengan topping tertentu, lebih baik pilih yogurt yang tidak berlemak. Perhatikan juga jangan sampai kelebihan kalori.

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020