trubus.id
Life » Studi: Ruang Terbuka Hijau di Kota dapat Mencegah...
Studi: Ruang Terbuka Hijau di Kota dapat Mencegah Ratusan Kematian Dini

Studi: Ruang Terbuka Hijau di Kota dapat Mencegah Ratusan Kematian Dini

Syahroni - Kamis, 18 Jun 2020 20:00 WIB

Trubus.id -- Dalam sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Planetary Health diungkapkan, peningkatan kanopi pohon di daerah perkotaan dapat mencegah antara 271 dan 400 kematian dini per tahun. 

Sebuah tim ahli yang dipimpin oleh Michelle Kondo dari USDA Forest Service menyelidiki dampak kesehatan tutupan pohon di seluruh kota di Philadelphia.

Studi ini menunjukkan bahwa peningkatan tajuk pohon atau ruang hijau dapat mengurangi kematian dini pada populasi perkotaan. Menurut para peneliti, efeknya akan menjadi yang paling mendalam di daerah dengan status sosial ekonomi rendah, di mana tutupan pohon yang ada cenderung menjadi yang terendah.

"Dalam beberapa pekan terakhir, karena penduduk di banyak kota mengalami kondisi karantina, kami mengalami peningkatan kebutuhan akan ruang terbuka hijau," kata Kondo.

“Sementara pandemi COVID-19 berarti bahwa kita perlu memperhatikan kedekatan kita dengan orang lain dan mengambil tindakan pencegahan untuk membatasi kontak kita, waktu di luar di taman dan hutan sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kita.”

Studi ini difokuskan pada Greenworks Philadelphia, sebuah inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan kanopi pohon hingga 30 persen di seluruh kota pada tahun 2025. Para ahli ingin tahu bagaimana proyek ini berpotensi berdampak pada kematian manusia.

Analisis ini adalah salah satu yang pertama menggunakan alat yang dikembangkan oleh para peneliti kesehatan masyarakat di Spanyol dan Swiss, Penilaian Dampak Kesehatan-Greenspace, untuk mengevaluasi manfaat kesehatan dari pajanan pada ruang hijau.

Tim memperkirakan jumlah tahunan kematian yang dapat dicegah terkait dengan proyeksi perubahan tutupan pohon di Philadelphia antara 2014 dan 2025.

Para peneliti menghitung bahwa peningkatan kanopi pohon kota menjadi 30 persen di semua lingkungan Philadelphia dapat mencegah 400 kematian setiap tahunnya.

Para peneliti juga menemukan bahwa perluasan tajuk pohon yang lebih rendah masih akan menghasilkan manfaat kesehatan yang sangat besar. Peningkatan tutupan pohon hanya dengan lima persen dikaitkan dengan pengurangan tahunan 302 kematian dini, dan peningkatan 10 persen dikaitkan dengan pengurangan 376 kematian.

Kondo mengatakan temuan itu mendukung gagasan bahwa upaya penghijauan perkotaan bermanfaat, bahkan pada tingkat sedang.

“Membawa seluruh Philadelphia, dan khususnya lingkungannya yang lebih miskin, hingga tujuan 30% tutupan kanopi pohon bukan tanpa tantangan,” tulis penulis penelitian. "Namun demikian, kebijakan dijamin bahwa menghargai upaya penghijauan kota sebagai langkah yang mempromosikan kesehatan dan penghematan biaya." urainya lagi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020