trubus.id
Daftar 10 Hutan Hujan Terbaik yang Harus Anda Lihat dan Bantu Lindungi

Daftar 10 Hutan Hujan Terbaik yang Harus Anda Lihat dan Bantu Lindungi

Syahroni - Kamis, 18 Jun 2020 17:00 WIB

Trubus.id -- Ketika perubahan iklim terus berdampak pada ekosistem di seluruh dunia, hutan hujan terpencil terus menjadi tuan rumah bagi banyak fauna dan flora paling langka di planet ini. Dalam upaya membantu memerangi deforestasi dari harta yang unik ini, berikut dilansir dari Earth.com 10 hutan hujan terbaik yang harus Anda lihat!

TAMAN NASIONAL VOLCANOES, RWANDA

Hutan tropis yang subur bertabrakan dengan pemandangan vulkanik yang epik. Taman nasional pertama yang didirikan di Afrika, Taman Nasional Volcanoes didirikan untuk melindungi gorila gunung yang langka dan terancam punah.

HUTAN SINHARAJA, SRI LANKA

Ditunjuk sebagai Cagar Biosfer Dunia dan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, hutan hujan perawan ini adalah rumah bagi banyak spesies endemik, serta gajah, macan tutul, dan banyak jenis monyet.

HUTAN HUJAN VALENTIVIA, AMERIKA SELATAN

Membentang di sepanjang pantai barat Amerika Selatan dari Chili ke Argentina, Hutan Hujan Valdivian rimbun dengan bambu dan pakis serta pohon-pohon berbunga yang selalu hijau. Ini juga menjadi tuan rumah bagi sejumlah mata air panas.

HUTAN MONTEVERDE, COSTA RICA

Burung-burung eksotis seperti quetzal, burung berleher telanjang, burung lonceng tiga-watt, dan touc-billed lunas dapat ditemukan di sini, tetapi hutan Monteverde juga merupakan rumah bagi 400 jenis anggrek.

TAMAN NASIONAL KINABALU, MALAYSIA

Merupakan rumah bagi lintah merah raksasa karnivora Kinabalu dan cacing tanah raksasa Kinabalu, Taman Nasional Gunung Kinabalu juga memiliki taman anggrek yang indah di dekat kantor pusat taman dan Mata Air Panas Poring.

HUTAN CLOUD ECUADOR

Dengan 1500 jenis burung yang berbeda, hutan awan adalah hutan yang paling terdiversifikasi keempat di dunia. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan Desember, selama musim kemarau.

HUTAN NASIONAL TONGASS, ALASKA

Tersebar di 17 juta hektar, itu adalah hutan nasional terbesar di AS dan rumah bagi banyak hewan dan tumbuhan langka dan terancam punah.

SAPO NATIONAL PARK, LIBERIA

Sebagai salah satu hutan hujan perawan terakhir di dunia, Sapo begitu panas dan lembab yang menindas sehingga umum untuk mengalami disorientasi. Tidak hanya malaria ancaman, vegetasi hutan juga membawa kolera, dan getah pohon dapat membawa mikroorganisme pemakan daging. Tapi hutan hujan adalah salah satu tempat paling menakjubkan di dunia.

AMAZON

Hutan hujan dan lembah sungai terbesar di dunia mencakup wilayah sembilan negara, termasuk Brasil, Ekuador, Kolombia, Peru, Venezuela, dan Bolivia. Deforestasi dan degradasi sungai sangat merugikan karena hutan menyediakan 20% oksigen dunia.

HUTAN HUJAN DAINTREE, AUSTRALIA

Terletak di Far North Queensland, Daintree adalah hutan hujan tertua di dunia dengan pohon-pohon setua 2.500 tahun. Merupakan rumah bagi sejumlah besar hewan di bumi, ini adalah salah satu dari sedikit tempat Anda dapat melangkah keluar dari hutan hujan tropis ke pantai berpasir putih yang indah dan kemudian menyeberang ke terumbu karang.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020