trubus.id
Tak Hanya Aman Digunakan Sebagai Pestisida, Ragi Anggur Liar juga Ramah Lingkungan

Tak Hanya Aman Digunakan Sebagai Pestisida, Ragi Anggur Liar juga Ramah Lingkungan

Syahroni - Kamis, 18 Jun 2020 16:00 WIB

Trubus.id -- Pestisida dapat sangat merusak lingkungan dan kesehatan manusia. Bahkan belum lama ini para peneliti dari University of Milan melaporkan, 75 persen madu dunia mengandung pestisida berbahaya yang merusak populasi lebah.

Tapi sekarang, sebuah studi baru yang dilakukan oleh tim yang sama telah menemukan alternatif alami untuk pestisida kimia dalam ragi anggur liar.

"Lingkungan 'liar' mewakili sumber keanekaragaman hayati yang sangat besar dan sebagian besar belum dimanfaatkan, yang dapat menyediakan reservoir mikroba yang membantu untuk pengendalian hama," kata Lleana Vigentini, salah satu peneliti studi tersebut dilansir dari science.

Tim peneliti menemukan bahwa strain ragi dalam anggur liar dan bahkan anggur yang ditanam secara lokal adalah pejuang yang efektif terhadap jamur anggur biasa.

Sebelumnya diperkirakan bahwa ragi, yang merupakan jenis jamur yang ditemukan secara alami pada tanaman, dapat membantu melawan jamur pada tanaman. Tetapi sampai sekarang, para peneliti belum menemukan ragi yang berfungsi sebagai pestisida bahan kimia.

Untuk penelitian ini, para peneliti mengumpulkan dan mengidentifikasi ragi dari anggur yang ditanam di Italia dan anggur liar di Georgia, Italia, Rumania, dan Spanyol.

Tim ingin melihat apakah ragi dapat secara efektif melawan tiga jamur yang biasanya merusak panen anggur. Setelah menganalisis masing-masing di laboratorium, mereka menemukan bahwa 18 strain ragi dari anggur liar memiliki sifat anti-jamur.

Ragi alami efektif sebagai pestisida karena mereka melepaskan enzim yang mencerna dinding sel cetakan dan melepaskan asam asetat yang membunuh cetakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu strain ragi bahkan lebih baik dalam membunuh jamur daripada pestisida kimia dan strain ini tidak mempengaruhi fermentasi anggur atau anggur.

Para peneliti berharap untuk sekarang menguji strain ragi dari anggur liar di kebun anggur untuk melihat apakah mereka dapat berfungsi sebagai pestisida yang sukses dalam praktik pertanian. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020