trubus.id
Tak Hanya Manusia, Tanaman Juga 'Gemuk' Jika Terlalu Banyak Gula

Tak Hanya Manusia, Tanaman Juga 'Gemuk' Jika Terlalu Banyak Gula

Syahroni - Selasa, 16 Jun 2020 21:00 WIB

Trubus.id -- Jika Anda ingin menurunkan berat badan, hal yang biasa dilakukan adalah dengan mengurangi kelebihan gula dari diet Anda. Namun ternyata, tak hanya manusia, tanaman juga bisa kelebihan berat jika mereka menahan terlalu banyak gula.

Hal ini terungkap dalam sebuah studi baru dari Brookhaven National Laboratory. Departemen Energi AS yang melakukan penelitian menemukan metode untuk meningkatkan retensi gula dalam daun tanaman untuk meningkatkan produksi minyak, yang dapat digunakan untuk pembuatan biofuel.

Biofuel adalah pejuang penting melawan kenaikan suhu global karena emisi CO2, dan menemukan sumber biofuel yang stabil dan terbarukan akan membantu upaya-upaya tersebut.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Plant Physiology dan merinci bagaimana tim meningkatkan produksi minyak dalam daun tanaman dengan membatasi kemampuan tanaman untuk mengangkut gula menjauh dari daun.

Para peneliti berhipotesis bahwa jika tanaman mempertahankan gula di daun daripada melakukan perjalanan di seluruh tanaman, produksi minyak akan meningkat. Tetapi mereka pertama-tama perlu memahami sepenuhnya proses biokimia yang mendorong pengangkutan gula dan gen apa yang bertanggung jawab.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi minyak dapat ditingkatkan dengan mengurangi transportasi gula dan meningkatkan kadar protein yang mengaktifkan gen yang bertanggung jawab untuk produksi minyak.

“Menggabungkan mutasi genetik yang mengurangi transportasi gula dari daun dan konversi gula menjadi pati meningkatkan kadar gula dalam daun. Gula yang berlebih mendorong peningkatan produksi minyak dengan menstabilkan on-switch minyak, dan juga dengan memasok blok bangunan karbon yang diperlukan untuk membuat lebih banyak minyak dalam daun,” terang John Shanklin, ahli biokimia Brookhaven Lab yang juga merupakan pemimpin penelitian ini.

Studi ini juga termasuk percobaan dalam pemuliaan tanaman dengan mutasi yang membatasi penguraian lipid tanaman, yang termasuk lemak nabati, yang menghasilkan peningkatan produksi minyak dalam daun.

Hasil penelitian mereka memberikan wawasan lebih lanjut ke dalam proses biokimia dalam tanaman, yang kemudian dapat digunakan untuk membantu lebih lanjut produksi biofuel. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020