trubus.id
Life » Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Pola Gizi Seimb...
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Pola Gizi Seimbang

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Pola Gizi Seimbang

Astri Sofyanti - Rabu, 10 Jun 2020 17:00 WIB

Trubus.id -- Di tengah masa pandemi Covid-19, kita dituntut untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Salah satunya dengan pola gizi seimbang. Pasalnya menjaga pola makan yang sehat dengan asupan gizi seimbang menjadi bagian penting untuk mendukung sistem daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19.

 

Sehingga, selama seseorang masih memungkinkan untuk membeli dan mengonsumsi makanan sehat, sehingga masyarakat disarankan untuk memilih makanan sehat demi mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Pola makan gizi seimbang terdiri dari makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak serta mikronutrien (vitamin dan mineral). Komposisi makanan ini harus ada dalam sepiring nasi untuk mendapatkan imunitas yang baik.

Melansir laman resmi FAO, nutrisi dari asupan yang dikonsumsi sangat penting untuk membantu tubuh mengatasi infeksi, termasuk virus Corona (Covid-19). Saat terjadi infeksi, tubuh penderita akan mengalami demam sehingga membutuhkan energi dari nutrisi asupan yang dikonsumsi dari makanan.

Imunitas dan makanan memiliki hubungan yang erat. Sebab, mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan saluran cerna dan saluran cerna yang sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“70 persen imun kita dipengaruhi oleh saluran cerna. Kalau kita bisa buang air besar setiap hari, itu menandakan keseimbangan bakteri baik di dalam saluran cerna kita, kalau bakteri baik mudah-mudahan imunitas juga baik,” kata Dokter spesialis Gizi Klinik, RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr. Diana Felicia Suganda. M.Kes. Sp.GK dalam bincang-bincang virtual, mengutip Antara, Rabu (10/6/20).

Menurutnya, pola makan seimbang harus sesuai dengan takarannya seperti karbohidrat, protein dan lemak. Dalam satu piring nasi harus berisi sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran dan sisanya dilengkapi oleh lauk-pauk yang terdiri dari protein hewani serta buah-buahan.

“Enggak bisa tuh hanya satu makan aja yang superfood tapi harus dilengkapi semua dengan komposisi yang seimbang. Jadi enggak bisa protein aja tanpa karbohidrat, atau perbanyak sayur aja enggak ada proteinnya. Semua harus lengkap untuk membentuk usus yang sehat sehingga imunitas meningkat,” ujarnya.

Terlebih, untuk hidup dalam di era new normal, imunitas harus betul-betul terjaga, seseorang harus disiplin kebiasaan makan dengan pola gizi seimbang.

“Sekarang new normal, mempengaruhi imunitas enggak? Ya jelas, kita akan membuat sebuah kebiasaan baru. Kebiasaan barunya apa, kita lebih jaga makan, kesehatan, jaga jarak dengan orang, itu lebih terjaga imunitasnya jadi tidak mudah terkena baik itu bakteri, virus, parasit macam-macam,” tutur Diana.

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020