trubus.id
Tips Aman Mencegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Kantor

Tips Aman Mencegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Kantor

Astri Sofyanti - Selasa, 09 Jun 2020 14:00 WIB

Trubus.id -- Penetapan New Normal membuat kegiatan di berbagai sektor kembali diizinkan beroperasi. Penetapan ini membuat banyak karyawan kembali masuk kerja ke kantor, meskipun penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum sepenuhnya di cabut.

Tapi, perlu diketahui bahwa masih ada ketakutan tersendiri bagi beberapa orang untuk kembali beraktivitas di kantor dan bekerja bersama dengan banyak orang dalam satu ruangan. Jika harus kembali beraktivitas di kantor, ada baiknya jika Anda mempersiapkan diri untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan tempat kerja.

Setiap perusahaan yang diizinkan untuk kembali beroperasi, pastilah menerapkan protokol kesehatan. Kantor juga diwajibkan untuk memiliki pos atau satuan pengawas Covid-19, dengan melakukan pengecekan suhu kepada pekerja sebelum memasuki area kantor, melakukan disinfeksi ruangan kerja, membersihkan filter AC yang menjadi lokasi menyebarnya berbagai penyakit lain, menaga jarak, hingga imbauan untuk sering mencuci tangan.

Meskipun sejumlah protokol kesehatan diberlakukan, tidak ada salahnya jika Anda juga harus tetap menjaga diri dan waspada.

Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan dan mengetahui cara mencegah di lingkungan kantor. Berikut ini, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) membagikan aturan dan tips mencegah penularan Covid-19 di lingkungan kantor

1. Hindari pertemuan sosial (berkerumun)serta menjaga minimal 1 meter

2. Pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik

3. Sering mencuci tangan dengan memakai sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik

4. Bila perlu gunakan hand sanitizer berbasis alkohol

5. Jaga kebersihan area kerja dan lakukan disinfeksi berkala

6. Bila sakit, bekerjalah dari rumah

7. Gunakan masker selama berada di lingkungan kantor

8. Meludah, batuk, dan bersin dengan memakai tisu dengan menutup hidung dan mulut

9. Bungkus tisu bekas pakai ke dalam satu kantung plastik sebelum dibuang ke tempat sampah

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020