trubus.id
Diklaim Sebagai Alternatif Daging Bergizi, Siapkah Anda untuk Mengkonsumsi Serangga?

Diklaim Sebagai Alternatif Daging Bergizi, Siapkah Anda untuk Mengkonsumsi Serangga?

Syahroni - Minggu, 07 Jun 2020 15:00 WIB

Trubus.id -- Siapkah Anda untuk makan serangga? Yah, menurut perkiraan, masa depan santapan mungkin akan berpusat di sekitar masakan berbasis serangga.

Memakan serangga memang terdengar seperti skenario yang tidak masuk akal. Tetapi, percaya atau tidak, baik dunia ilmiah maupun dunia gastronomik berselisih tentang masa depan makan.

Menurut sebuah laporan baru-baru ini di Jurnal American Chemical Society tentang Makanan dan Kimia Pertanian, kadar zat besi pada belalang dan jangkrik mirip dengan daging sapi. Para ahli yakin bahwa serangga adalah alternatif daging yang bergizi dan berkelanjutan.

Spesies serangga yang berbeda memiliki manfaat nutrisi yang bervariasi. Jangkrik memiliki zat besi yang jauh lebih banyak daripada serangga biasa lainnya yang bisa dimakan. Belalang dan cacing makan kaya akan kalsium, tembaga, dan seng. Lebih jauh, ketika para ilmuwan memperhitungkan proses pencernaan manusia, mereka menemukan bahwa mineral dari serangga ini sebenarnya lebih mudah tersedia untuk pencernaan daripada mineral yang ditemukan dalam daging sapi.

Ini masih sulit dijual untuk mendapatkan sebagian besar pemakan dalam budaya Barat naik kereta fine-dining bug, tetapi lebih dari 1.900 spesies serangga didokumentasikan sebagai sumber makanan di bagian lain dunia.

Serangga tidak hanya sumber protein - mereka juga kaya akan zat besi. Kekurangan zat besi sering merupakan masalah terbesar yang dihadapi ketika mengikuti diet tanpa daging, jadi, secara teori, serangga bisa menjadi alternatif yang layak untuk hewan yang lebih tinggi.

Serangga mendapat nama mereka karena mereka secara luas dianggap tidak lebih dari gangguan kolektif kepada manusia. Ternyata, mereka mungkin lebih berguna daripada yang pernah diperkirakan siapa pun bukan? [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020