trubus.id
Minyak Zaitun Extra-virgin Lindungi Otak dari Penyakit Alzheimer 

Minyak Zaitun Extra-virgin Lindungi Otak dari Penyakit Alzheimer 

Syahroni - Jumat, 05 Jun 2020 17:00 WIB

Trubus.id -- Sudah sejak lama minyak zaitun dipakai untuk memasak. Namun tahukah Anda bahwa minyak zaitun ternyata memiliki manfaat kesehatan potensial lainnya?

Dalam sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Annals of Clinical and Translational Neurology, para peneliti dari Sekolah Kedokteran Lewis Katz (LKSOM) di Temple University telah menemukan hubungan yang mungkin antara konsumsi minyak zaitun extra-virgin dan perlindungan terhadap penurunan kognitif.

Studi ini melibatkan penggunaan model tikus penyakit Alzheimer yang dikenal sebagai model tiga transgenik - saat tikus mengembangkan tiga karakteristik penyakit. Karakteristik ini adalah gangguan memori, tulah amiloid, dan kusut neurofibrillary.

Dengan menguji dua kelompok tikus - yang mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan minyak zaitun dan yang tidak - para peneliti dapat melihat efek zat ini pada otak. Mereka menemukan bahwa pada usia 9 bulan dan 12 bulan, kelompok tikus minyak zaitun memiliki kinerja yang jauh lebih baik pada tes yang dirancang untuk mengevaluasi memori kerja, memori spasial, dan kemampuan belajar. 
Selanjutnya, melalui analisis jaringan otak hewan, mereka menemukan bahwa ada perbedaan besar dalam penampilan dan fungsi sel saraf, termasuk pengurangan peradangan.

"Satu hal yang langsung menonjol adalah integritas sinaptik," kata Dr. Domenico Praticò, profesor di LKSOM. 

Sinapsis adalah koneksi antara neuron, yang tampaknya lebih baik diawetkan pada tikus yang memiliki diet minyak zaitun. Sel-sel otak tikus dalam kelompok ini juga memiliki peningkatan yang signifikan dalam aktivitas autophagy sel saraf, yang membantu mengurangi tulah amiloid dan tau terfosforilasi - keduanya merupakan faktor utama dalam pengembangan Alzheimer.

Studi sebelumnya telah mengaitkan konsumsi minyak zaitun extra-virgin dengan banyak manfaat kesehatan. 

"Pemikirannya adalah bahwa minyak zaitun extra-virgin lebih baik daripada buah-buahan dan sayuran saja, dan sebagai lemak nabati tak jenuh tunggal, minyak ini lebih sehat daripada lemak hewani jenuh," jelas Praticò.

Para peneliti sangat senang dengan temuan ini, dan berencana melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kemampuan penyembuhan minyak zaitun extra-virgin. Langkah selanjutnya adalah melihat apakah minyak zaitun mengurangi gejala tikus Alzheimer yang telah mengembangkan plak dan kusut. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020