trubus.id
Peristiwa » LIPI Kembangkan Masker Kain Disinfektor Lapis Temb...
LIPI Kembangkan Masker Kain Disinfektor Lapis Tembaga Anti Covid-19

LIPI Kembangkan Masker Kain Disinfektor Lapis Tembaga Anti Covid-19

Astri Sofyanti - Kamis, 04 Jun 2020 13:00 WIB

Trubus.id -- Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 masih melaporkan kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia. Menyikapi situasi ini, pemerintah terus meminta dan mengimbau masyarakat utuk selalu mengenakan masker.

 

Tujuan pakai masker ini guna mencegah penularan dan penyebaran covid-19. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, kewajiban menggunakan masker ini selaras dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam mencegah penyebaran virus corona.

Pentingnya mengenakan masker di saat pandemi Covid-19 membuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang juga bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengembangkan masker kain disinfektor lapis tembaga anti Covid-19.

Peneliti dari Pusat Penelitian Fisika LIPI, Deni Shidqi Khaerudini mengugkapkan bahwa masker yang dikembangkan LIPI ini diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Diakuinya, masker kain disinfektor terbuat dari material yang aman dengan material dasarnya kain katun, pelapis inovatif Cu contact killer virus.

“Masker kain disinfektor ini memiliki kemampuan radikal bebas ion Cu yang mampu mematikan virus dengan memutus RNA atau lapisan aktif yang bersifat mematikan virus dengan efektif pada masker,” demikian dikatakan Deni dalam Webinar Taks to Scientists: Riset Kimia dan Fisika LIPI Antisipasi Covid-19 yang disiarkan langsung oleh Youtube LIPI, Kamis (4/6/20).

Masker ini juga bisa diproduksi dengan cepat, dengan metode yang sederhana, dapat diproduksi secara lokal, skala rumah tangga atau industri. Dirinya juga menekankan bahwa masker kain disinfektor ini ramah lingkungan dan dapat dipakai berkali-kali.

“Masker kain ini tidak menggangu suplai masker medis untuk tenaga kesehatan,” ujarnya menambahkan.

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020