trubus.id
Peristiwa » LIPI Kembangkan Minuman Suplemen dari Jambu Biji M...
LIPI Kembangkan Minuman Suplemen dari Jambu Biji Merah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

LIPI Kembangkan Minuman Suplemen dari Jambu Biji Merah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Astri Sofyanti - Kamis, 04 Jun 2020 12:00 WIB

Trubus.id -- Sebaran pandemi Covid-19 di Indonesia bahkan dunia, semakin meningkat. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 per 3 Juni 2020, tercatat peningkatan kasus di Indonesia mencapai 28.233 dengan penambahan sebanyak 684 kasus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan dunia belum menenukan obat atau vaksin yang spesifik untuk mengatasi virus corona.

Diketahui pula penyakit Covid-19 diyakini bisa sembuh dengan sendirinya bahkan dikabarkan orang-orang yang terdeteksi positif Covid-19 bisa sembuh tanpa obat. Untuk itu, suatu upaya pencegahan penularan Covid-19 sangat diperlukan dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh yang baik.

Tim Riset Lembaga Pusat Penelitian Indonesia (LIPI) mendukung upaya pencegahan virus corona (Covid-19) melalui berbagai riset, salah satunya dengan mengembangkan minuman suplemen dari jambu biji merah melalui teknik fermentasi sebagai kandidat potensial dalam meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imun), terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Apa itu sistem imun?

Peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI, Yati Maryati menjelaskan, sistem imunitas adalah kemampuan tubuh dalam melindungi diri terhadap benda asing (sel abnormal) seperti bakteri pathogen, virus, kuman, penyakit atau racun yang masuk ke dalam tubuh.

“Jika imunitas tubuh kita baik, penyakit yang timbul akibat bakteri pathogen ataupun virus akan turun,” kata Yati dalam Webinar dengan tema “Riset Kimia dan Fisika LIPI Antisipasi Covid-19” yang ditayangkan secara langsung oleh Youtube LIPI, Kamis (4/6/20).

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk meningkatkan sistem imun, salah satunya dengan mengonsumsi pangan segar atau olahan.

Pencegahan penularan Covid-19 diperlukan juga suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. dikatakan Yati, tim peneliti Pusat Penelitian Kimia LIPI mengembangkan riset buah jambu biji merah yang diproses menjadi minuman suplemen daya tahan tubuh.

“Melalui riset ini, kami mengembangkan jambu biji merah. Kandungan yang ada di dalam jambu biji merah seperti serat terlarut, polifenol, vitamin C, alkoloid, flavonoid, bisa meningkatkan kerja sistem imun,” ujarnya.

Jambu biji yang terfermentasi kultur konsorsium bakteri dan khamir kemudian diformulasi agar dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“Harapannya, minuman ini memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin sebagai upaya pencegahan penyakit Covid-19,” tutur Yati.

Pihaknya menjelaskan, melalui fermentasi, jambu bij merah akan meningkatkan potensi komponen bioaktifnya seperti polifenol, flavonoid dan antioksidan.

“Serat dan asamasam organik yang dihasilkan seperti asam laktat, asam asetat, asam malat, glukonat, glukoronat, dan asam hyaluronic, yang berpotensi tinggi memperkuat sistem imun, meningkatkan energi dan mendetoksi racun,” tandas Yati.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020