trubus.id
Terungkap, Meditasi dan Latihan Pernapasan Mampu Tingkatkan Kesehatan Otak Manusia

Terungkap, Meditasi dan Latihan Pernapasan Mampu Tingkatkan Kesehatan Otak Manusia

Syahroni - Selasa, 02 Jun 2020 15:00 WIB

Trubus.id -- Baik meditasi dan latihan pernapasan terfokus telah lama diklaim untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk lebih fokus pada tugas. Meditasi yang berfokus pada nafas dan latihan pernapasan yoga diketahui memiliki sejumlah manfaat kognitif, mulai dari peningkatan fokus dan emosi positif hingga penurunan reaktivitas emosional dan peningkatan tingkat gairah. 

Meskipun demikian, tidak ada hubungan neurofisiologis langsung yang ditemukan antara pernapasan dan kognisi ... sampai sekarang.

Penelitian baru menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa meditasi dan latihan pernapasan secara langsung memengaruhi kadar pembawa zat kimia alami di otak yang disebut noradrenalin.

Noradrenaline dilepaskan ketika kita fokus, tertantang, ingin tahu, berolahraga, atau terangsang secara emosional - meskipun mudah-mudahan tidak semuanya pada waktu yang bersamaan. Jika diproduksi pada tingkat yang tepat, ini dapat membantu otak mengembangkan koneksi baru. Ini berarti bahwa cara kita bernapas memiliki efek langsung pada kimia otak kita, dan dapat meningkatkan perhatian kita serta meningkatkan kesehatan otak kita.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di Trinity College Institute of Neuroscience dan Global Health Health Institute di Trinity. Mereka berupaya mengukur pernapasan, waktu reaksi, dan aktivitas otak peserta penelitian di area batang otak yang disebut locus coeruleus - tempat noradrenalin dibuat. 

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang fokus dengan baik saat melakukan tugas yang mengharuskan banyak fokus memiliki sinkronisasi yang lebih besar antara pola pernapasan dan perhatian mereka, dibandingkan dengan mereka yang kurang fokus.

"Studi ini telah menunjukkan bahwa ketika Anda bernapas dalam aktivitas lokus coeruleus sedikit meningkat, dan ketika Anda bernapas, berkurang," jelas Michael Melnychuk, seorang kandidat PhD di Trinity College Institute of Neuroscience, dan penulis utama studi tersebut. 

“Sederhananya ini berarti bahwa perhatian kita dipengaruhi oleh napas kita dan bahwa ia naik dan turun dengan siklus respirasi. Ada kemungkinan bahwa dengan berfokus pada dan mengatur pernapasan Anda, Anda dapat mengoptimalkan tingkat perhatian Anda dan juga, dengan berfokus pada tingkat perhatian Anda, pernapasan Anda menjadi lebih selaras. ”

Temuan ini, yang diterbitkan dalam jurnal Psychophysiology, memberikan pandangan lebih dalam pada mekanisme neurofisiologis yang ada di balik praktik meditasi kuno. Penelitian tambahan dapat membantu dengan pengembangan terapi non-farmakologis untuk orang dengan kondisi kompromi seperti ADHD dan cedera otak traumatis.

"Temuan kami dapat memiliki implikasi khusus untuk penelitian penuaan otak. Otak biasanya kehilangan massa seiring bertambahnya usia, tetapi kurang begitu pada otak meditator jangka panjang,” kata Ian Robertson, Co-Direktur Global Brain Health Institute di Trinity dan Investigator Utama penelitian ini. 

“Otak yang lebih 'muda' memiliki pengurangan risiko demensia dan teknik meditasi mindfulness sebenarnya memperkuat jaringan otak. Penelitian kami menawarkan satu alasan yang memungkinkan untuk ini - menggunakan napas kita untuk mengendalikan salah satu pembawa pesan kimiawi alami otak, noradrenalin, yang dalam 'dosis' yang tepat membantu otak menumbuhkan koneksi baru antar sel. Studi ini memberikan satu alasan lagi bagi semua orang untuk meningkatkan kesehatan otak mereka menggunakan berbagai macam kegiatan mulai dari latihan aerobik hingga meditasi mindfulness.” terangnya lagi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

15 Juli 2020
15 Juli 2020
15 Juli 2020