trubus.id
Life » Kopi Dingin Memang Menyegarkan, Tapi Kopi Panas Le...
Kopi Dingin Memang Menyegarkan, Tapi Kopi Panas Lebih Banyak Antioksidan

Kopi Dingin Memang Menyegarkan, Tapi Kopi Panas Lebih Banyak Antioksidan

Syahroni - Rabu, 27 Mei 2020 09:00 WIB

Trubus.id -- Di hari yang panas, ketika secangkir kopi hangat sepertinya tidak terpikirkan, tidak ada yang lebih baik daripada mampir di kedai kopi lokal dan membeli segelas kopi dingin. Tapi tahukah kamu, kopi panas ternyata mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada kopi dingin?

Yah, menurut penelitian baru, Minuman kopi dingin, metode merendam kopi bubuk dalam air dingin semalaman dan menambahkan es di dalamnya, memiliki semua rasa dan kafein dari secangkir kopi rata-rata Anda serta membuat perubahan yang menyegarkan.

Minuman dingin telah menjadi sangat populer di Amerika Serikat, dan dunia hingga permintaannya melonjak 580 persen dari 2011 hingga 2016. Beberapa orang lebih suka minuman dingin sepanjang tahun tidak peduli cuaca apa pun. Dikatakan bahwa minuman dingin kurang asam dan karenanya peminum kopi lebih cenderung memilih minuman dingin dengan harapan menghindari mulas atau masalah perut.

Dengan semua keberhasilan yang dapat diukur dari minuman dingin, ada beberapa penelitian tentang manfaat kesehatannya atau keasaman yang seharusnya lebih rendah.

Para peneliti dari Philadelphia University dan Thomas Jefferson University berangkat untuk mengeksplorasi susunan kimiawi kopi dingin dan melakukan penelitian untuk melihat apakah minuman dingin memiliki kualitas manfaat yang sama dari kopi panas. Studi ini kemudian dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports.

Para peneliti, yang merupakan peminum kopi sendiri, menemukan bahwa minuman dingin dan kopi panas memiliki tingkat pH yang sama berkisar antara 4,85 hingga 5,13. Namun, kopi panas memiliki kadar asam titrasi yang lebih tinggi. Asam titratable dapat meningkatkan kadar antioksidan dari kopi panas.

"Kopi memiliki banyak antioksidan, jika Anda meminumnya dalam jumlah sedang, penelitian menunjukkan itu bisa sangat baik untuk Anda," kata Megan Fuller, rekan penulis studi tersebut. "Kami menemukan minuman panas memiliki kapasitas antioksidan lebih besar." urainya lagi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020