trubus.id
Momen Lebaran, Perbanyak Buah dan Sayuran untuk Kesehatan Jantung Anda

Momen Lebaran, Perbanyak Buah dan Sayuran untuk Kesehatan Jantung Anda

Syahroni - Minggu, 24 Mei 2020 11:00 WIB

Trubus.id -- Di setiap momen lebaran, banyak orang menghidangkan berbagai jenis makanan untuk dikonsumsi usai menjalani puasa selama 30 hari. Namun ada baiknya kamu memilah makanan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, khususnya di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Adapun buah dan sayuran bisa jadi pilihan anda. Karena menurut penelitian baru dari American College of Physicians, buah dan sayuran memiliki peran penting dalam melindungi kesehatan jantung anda.

Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah penyebab nomor satu penyakit dan kematian di seluruh dunia. Diet sehat adalah faktor gaya hidup yang penting untuk menjaga kesehatan jantung, dan studi baru menunjukkan bahwa beberapa diet bergizi bahkan lebih bermanfaat daripada yang lain.

Makanan Mediterania, vegetarian, dan DASH adalah yang paling banyak direkomendasikan untuk kesehatan jantung. Diet DASH kaya akan sayuran, buah-buahan, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, ikan, dan unggas dalam jumlah sedang.

Diet tradisional Mediterania termasuk makanan nabati yang sama dengan diet DASH tetapi juga termasuk konsumsi tinggi minyak zaitun extra-virgin dan konsumsi anggur yang moderat.

Pada dasarnya, kedua diet ini, serta diet vegetarian, berpusat pada makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran.

Dalam sebuah studi yang berfokus pada orang dewasa paruh baya tanpa diketahui riwayat penyakit kardiovaskular (CVD), para peneliti berangkat untuk membandingkan diet khas Amerika dengan diet yang kaya buah-buahan dan sayuran untuk memeriksa potensi efek kardiovaskular.

“Peserta secara acak diberi makan selama 8 minggu dengan diet kontrol yang tipikal dari apa yang dimakan banyak orang Amerika; diet kaya buah-buahan dan sayuran tetapi sebaliknya mirip dengan diet kontrol; atau diet DASH, yang kaya akan buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, dan serat serta memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang rendah,” jelas penulis penelitian.

Setelah intervensi delapan minggu, peserta dalam kelompok diet DASH dan buah-dan-sayuran memiliki konsentrasi biomarker yang secara signifikan lebih rendah untuk cedera miokard dan stres jantung.

Para ahli berteori bahwa sejumlah besar kalium, magnesium, dan serat dalam makanan dapat menjelaskan sebagian efek menguntungkan dari DASH dan diet vegetarian pada kesehatan jantung.

Perlindungan dari cedera miokard dan stres jantung juga dapat dijelaskan oleh pengaruh buah dan sayuran dalam mengurangi tekanan darah, kolesterol, stres oksidatif, dan peradangan.

Menurut para ahli, rekomendasi untuk meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran hingga setidaknya 10 porsi per hari harus digeneralisasi untuk populasi keseluruhan, terlepas dari status kesehatan.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020