trubus.id
Life » Dipercaya Dapat Sembuhkan Covid-19, Tanaman Artemi...
Dipercaya Dapat Sembuhkan Covid-19, Tanaman Artemisia jadi Buruan di Afrika Selatan

Dipercaya Dapat Sembuhkan Covid-19, Tanaman Artemisia jadi Buruan di Afrika Selatan

Syahroni - Senin, 18 Mei 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Saat banyak orang di Afrika Selatan berburu ramuan tradisional umhlonyane atau artemisia karena dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah Covid-19, seorang tabit tradisional justru meminta pemerintah melakukan penelitian mendalam tentang tanaman tersebut.

Rumor bahwa artemisia dapat menyembuhkan virus yang menyebabkan pandemi pecah muncul setelah Presiden Madagaskar, Andry Rajoelina mengumumkan bahwa ramuan itu mencegah dan menyembuhkan virus.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan obat tersebut diduga belum diuji secara klinis dan terbukti khasiatnya. Pun demikian, hal itu tidak menghentikan orang-orang di Afrika Selatan untuk mengantri untuk mendapatkan artemisia.

Seorang warga Emafakatini di luar Maritzburg kepada mengatakan banyak orang di daerah itu sekarang terlihat di semak-semak mencari tanaman tersebut. 

“Mereka meminumnya di sini dan yang lain menjualnya. Ada permintaan tinggi untuk tanaman ini. Orang selalu berada di semak-semak. Kami tidak tahu apakah itu menyembuhkan atau mencegah virus, tetapi kami meminumnya karena itulah yang dikatakan orang," katanya dilansir dari News24.com.

Meskipun dokter tradisional Dr Elliot Ndlovu, yang memiliki sebuah peternakan tempat ia menanam umhlonyane di Estcourt, tidak dapat mengatakan ramuan itu menyembuhkan atau mencegah Covid-19, ia mengatakan dalam pengobatan tradisional tanaman itu sangat berguna dalam hal mengobati flu, asma, sinus masalah dan malaria.

“Artemisia adalah tanaman tua yang selalu digunakan, sebagian besar oleh orang Afrika dalam upaya untuk menghindari tertular flu dengan mudah. Dulu, kami biasa meminumnya setidaknya sekali atau dua kali sebulan sehingga akan selalu ada di sistem Anda dan efektif melawan flu yang mungkin mencoba menyerang sistem kekebalan Anda,” kata Ndlovu.

"Tapi aku benar-benar khawatir karena orang-orang hanya bergegas meminumnya sekarang. Sekarang sudah agak terlambat karena agar bisa berfungsi dengan baik, perlu diambil lebih awal dan Anda harus konsisten dalam mengambilnya." urainya lagi.

Ndlovu juga merasa layak untuk melihat ke dalam sifat ramuan untuk melihat apakah mungkin itu bisa menjadi solusi bagi virus yang mematikan.

Dia juga mengkritik pemerintah karena memandang rendah para pemimpin tradisional dan tanaman obat. 

“Covid-19 memiliki gejala yang sama dengan kebanyakan flu, tetapi sangat disayangkan bahwa pemerintah tidak melibatkan kami sebagai tabib tradisional dalam mencari obat untuk Covid-19. Jika Anda ingat pada tahun 1918 selama masa influenza, banyak orang meninggal tetapi nenek moyang kita selamat karena mereka menggunakan obat-obatan tradisional,” kata Ndlovu.

“Tapi pemerintah kita memihak kita. Belum lama ini, sebuah universitas tertentu dari Durban berjanji untuk menghubungi saya sehingga kami dapat mencoba menemukan sesuatu, tetapi mereka tidak menepati janji mereka. Umhlonyane memang membantu dalam banyak hal dan pemerintah harus menyatukan kita dan dokter pengobatan barat sehingga kita mencoba untuk menemukan apakah benar-benar dapat menyembuhkan virus ini." ujarnya lagi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020