trubus.id
Luar Biasa, Penciuman Anjing Mampu Deteksi Jejak Bensin Hingga Percikan Terkecil

Luar Biasa, Penciuman Anjing Mampu Deteksi Jejak Bensin Hingga Percikan Terkecil

Syahroni - Kamis, 14 Mei 2020 19:00 WIB

Trubus.id -- Kita mungkin sudah sering mendengar bagaimana kemampuan mengendus anjing yang luar biasa. Namun temuan para peneliti kali ini mungkin membuat kekaguman kita pada penciuman anjing menjadi bertambah. Yah, dalam penelitian terbaru diungkap, anjing yang terlatih ternyata dapat mendeteksi akselerasi api seperti bensin dalam jumlah sekecil sepersejuta sendok teh.

Penelitian ini sendiri dilakukan ahli kimia Universitas Alberta. Hasilnya dapat memberikan perkiraan batas terendah sensitivitas hidung anjing dan dapat digunakan dalam investigasi pembakaran yang disengaja.

"Selama investigasi pembakaran, seekor anjing dapat digunakan untuk mengidentifikasi puing-puing yang mengandung jejak-jejak cairan yang dapat terbakar — yang dapat mendukung hipotesis bahwa api adalah hasil dari pembakaran," jelas Robin Abel, mahasiswa pascasarjana di Departemen Kimia dan penulis utama penelitian.

"Tentu saja, seekor anjing tidak dapat memberikan kesaksian di pengadilan, jadi puing-puing dari tempat anjing tersebut diindikasikan harus dibawa kembali ke laboratorium dan dianalisis. Perkiraan ini menyediakan target untuk laboratorium forensik ketika memproses bukti yang ditandai oleh anjing pendeteksi di lokasi yang berpotensial terjadinya pembakaran secara disengaja." urainya lagi.

Penelitian ini melibatkan dua tim dog-and-handler. Yang pertama dilatih untuk mendeteksi berbagai cairan yang dapat dinyalakan, sementara yang lain dilatih terutama dengan bensin. Hasil menunjukkan bahwa anjing yang dilatih dengan berbagai cairan bekerja dengan baik mendeteksi semua akseleran, sedangkan anjing yang dilatih dengan bensin tidak dapat menggeneralisasi ke akselerator lain pada konsentrasi yang sangat rendah.

Hasil lain dari penelitian ini adalah pengembangan protokol yang dapat digunakan untuk menghasilkan substrat ultra-bersih yang cocok yang diperlukan untuk menilai kinerja anjing pendeteksi cepat untuk deteksi tingkat jejak.

"Di bidang ini, diketahui bahwa anjing lebih sensitif daripada tes laboratorium konvensional," kata James Harynuk, profesor kimia dan pengawas Abel. "Ada banyak kasus di mana seekor anjing akan menandai puing-puing yang kemudian diuji negatif di laboratorium. Agar kita dapat meningkatkan teknik laboratorium sehingga mereka dapat menyamai kinerja anjing, kita harus terlebih dahulu menilai anjing. Pekerjaan ini memberi kita target yang sangat menantang untuk dipenuhi untuk metode laboratorium kami." urainya lagi. 

Jadi, seberapa kecil volume bensin yang dapat dideteksi anjing? "Anjing-anjing dalam penelitian ini mampu mendeteksi hingga seperjuta sendok teh - atau 5 pL - bensin. Hidung mereka sangat sensitif," jawab Harynuk. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020