trubus.id
Life » 6 Menu Kaya Serat yang Membuatmu Kenyang Lebih Lam...
6 Menu Kaya Serat yang Membuatmu Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

6 Menu Kaya Serat yang Membuatmu Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

Astri Sofyanti - Selasa, 05 Mei 2020 10:00 WIB

Trubus.id -- Ketika berpuasa, terkadang rasa lapar sering kali tak terhindarkan. Ini terjadi karena asupan nutrisi selama berpuasa akan berkurang. Saat berpuasa selama belasan jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Makan banyak ketika sahur tak menjamin seseorang tetap kenyang sepanjang hari.

Selama berpuasa tubuhmu memerlukan serat yang cukup. Konsumsi serat yang cukup akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Jadi usahakan selama berpuasa, makanan yang kamu makan mengandung serat

Beberapa makanan seperti sayur dan buah-buahan mengandung serat yang bagus dikonsumsi saat berbuka maupun sahur, agar rasa kenyang kamu berlangsung lebih lama.

Selain itu, serat juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan bagus untuk menurunkan berat badan.

Lantas, makanan kaya serat apa saja yang bisa kamu konsumsi untuk menu berbuka dan sahur selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan?

Berikut beberapa menu kaya serat yang membuatmu kenyang lebih lama, seperti dirangkum Trubus.id dari berbagai sumber:

Oatmeal

Rekomendasi menu sahur yang pertama dan akan membuatmu kenyang lebih lama adalah oatmeal. Memakan semangkuk oatmeal sebagai menu sahur pastinya akan mengenyangkan dan membantu mengelola rasa lapar lebih baik daripada sereal dan nasi.

Bagi kamu yang belum terbiasa mengonsumsinya, kamu bisa mulai mencobanya nih. Varian rasa oatmeal juga sangat bermacam-macam. Kamu juga bisa memilih ingin mengonsumsi oatmeal instan atau yang perlu dimasak, keduanya sama-sama lezat dan mengenyangkan.

Jangan takut akan rasa hambar yang kamu rasakan ketika memakan oatmeal karena kamu bisa menambahkan buah-buahan dan bahan lainnya agar rasanya menjadi lebih enak. Dijamin setelah sahur dengan oatmeal, kamu pasti lebih siap untuk berpuasa karena oatmeal mampu menahan lapar dan membuatmu kenyang lebih lama.

Buah pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya serat. Pada satu buah pisang, memiliki kurang lebih tiga gram serat. Selain itu, pisang juga mengandung jumlah kalium yang tinggi dan nutrisi penting yang membantu mengatur tekanan darah kamu.

Alpukat

Buah yang satu ini cukup primadona karena banyak dikonsumsi. Ya, alpukat merupakan buah dengan sumber serat yang baik. Rata-rata, satu alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 10-13 gram serat. Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk tubuh. Tapi ingat, jangan makan secara berlebihan ya.

Omelette

Menu selanjutnya yang direkomendasikan saat sahur agar kamu kenyang lebih lama adalah omelette. Selain rasanya yang lezat, membuat omelette sangat mudah.

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Tingginya kandungan protein telur dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Pastinya telur juga merupakan bahan makanan yang mudah diolah untuk menjadi berbagai macam sajian.

Kamu bisa memasaknya sebagai omelette, scrambled egg, atau hanya merebusnya saja, itu pun rasanya sudah enak. Disarankan kamu menjadikan telur sebagai hidanga penutup agar selama puasa kamu tidak mudah merasa lapar.

Sayuran hijau

Sayuran yang berserat tinggi dan kaya kandungan air, seperti mentimun, bayam, brokoli, wortel, zucchini, seledri, kubis, kale, dan brussel sprouts sangat rendah kalori, namun tinggi kandungan antioksidan. Misalnya, secangkir brokoli rebus saja memiliki 5,1 gram serat. Kamu bisa memasukkan brokoli tersebut sebagai omelet untuk sahur kamu.

Kentang

Terakhir, rekomendasi menu yang pastinya ampuh membuat kamu kenyang lebih lama ialah kentang rebus. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kentang rebus dapat membuatmu kenyang lebih lama. Bahkan, biasa direkomendasikan bagi mereka yang sedang ingin melakukan diet.

Kentang rebus juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Makanan ini juga bisa mengenyangkan karena didukung oleh protein yang dimilikinya. Protein yang terdapat dalam kentang yang biasa dikenal dengan istilah kentang proteinase inhibitor dapat mengekang nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Itulah 6 makanan pilihan untuk sahur agar kamu merasa kenyang lebih lama dan bisa beraktivitas dengan penuh semangat. Selamat berpuasa!

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020