trubus.id
Life » Menghentikan Deforestasi: Sebuah Pelajaran Berharg...
Menghentikan Deforestasi: Sebuah Pelajaran Berharga dari Kolombia

Menghentikan Deforestasi: Sebuah Pelajaran Berharga dari Kolombia

Syahroni - Senin, 04 Mei 2020 20:00 WIB

Trubus.id -- Sebuah studi tentang deforestasi di Kolombia yang dilakukan oleh para peneliti dari The University of Queensland telah mengungkapkan beberapa wawasan berharga yang dapat digunakan untuk membantu memperlambat deforestasi di banyak wilayah di seluruh dunia.

Mahasiswa Ph.D., Pablo Negret memimpin upaya untuk membandingkan efektivitas kawasan lindung di Kolombia dengan situs serupa yang tidak dilindungi antara rentang tahun 2000 dan 2015.

"Di Kolombia, telah terjadi deforestasi konstan di dalam kawasan lindung selama periode 15 tahun ini," kata Negret dalam siaran pers yang dipublikasian The University of Queensland. 

"Ini terutama karena kurangnya kapasitas untuk mengendalikan eksploitasi sumber daya ilegal di daerah ini. Namun, ada sekitar 40 persen lebih sedikit deforestasi di kawasan lindung bila dibandingkan dengan daerah serupa tanpa perlindungan," kata Negret.

Meskipun hasilnya lebih buruk di beberapa daerah, jelas bagi para peneliti bahwa sebagian besar kawasan lindung memperlambat deforestasi.

"Kami juga melihat perbedaan regional dan menemukan bahwa kawasan lindung di Pasifik kurang efektif daripada di tempat lain," kata Negret.

"Wilayah Pasifik Kolombia sangat keanekaragaman hayati dan penting secara global dengan konsentrasi tinggi spesies endemik, sehingga memastikan kawasan lindung ini bekerja sangat penting." tandasnya lagi.

Tim menggunakan informasi tutupan hutan yang dikumpulkan dari satelit, dengan data yang mencakup 17 variabel yang terkait dengan deforestasi, untuk membandingkan wilayah yang dilindungi dan yang tidak dilindungi yang memiliki karakteristik lingkungan dan sosial yang sama.

Secara total, para peneliti menganalisis efektivitas 116 kawasan lindung, yang mewakili 9,8 persen dari wilayah benua negara itu.

Profesor UQ, Martine Maron mengatakan, studi ini menunjukkan bagaimana memahami keefektifan kawasan lindung bisa sangat berguna dalam menginformasikan keputusan konservasi nasional dan global.

"Area yang dilindungi bisa menjadi kurang efektif - baik karena mereka masih mengalami deforestasi atau karena mereka ditempatkan di lokasi di mana tidak ada deforestasi akan terjadi bahkan jika mereka tidak dilindungi," kata Profesor Maron.

"Mengevaluasi dampak kawasan lindung terhadap deforestasi dapat membantu menentukan apakah akan berinvestasi dalam peningkatan manajemen di kawasan lindung yang ada atau meningkatkan cakupannya di lokasi strategis — atau keduanya.

"Kami berharap wawasan ini dapat diperhitungkan di Kolombia dan di seluruh dunia.

"Pendekatan serupa dapat membantu negara atau wilayah mana pun secara efektif menilai kinerja kawasan lindung mereka dalam mencegah hilangnya ekosistem."

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020