trubus.id
Life » Tingkatkan Imunitas, Konsumsi Kimchi Dianjurkan Se...
Tingkatkan Imunitas, Konsumsi Kimchi Dianjurkan Selama Masa Pandemi Covid-19

Tingkatkan Imunitas, Konsumsi Kimchi Dianjurkan Selama Masa Pandemi Covid-19

Astri Sofyanti - Senin, 04 Mei 2020 13:00 WIB

Trubus.id -- Kimchi merupakan makanan asal Korea Selatan yang terbuat dari sayuran yang sudah difermentasi. Di Korea Selatan sendiri, kimchi seolah menjadi santapan wajib bagi masyarakat karena dihidangkan setiap kali makan. Mengonsumsi kimchi ketika pandemi Covid-19 bisa menjadi pilihan alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuh lho.

Dengan imunitas yang baik, kita bisa meminimalisir risiko penularan virus corona. Jenis sayuran yang dijadikan kimchi bisa berbagai macam dan dapat disesuaikan dengan selera. Namun, yang mayoritas dipilih adalah sawi putih dan lobak.

Proses pembuatannya juga cukup sederhana, setelah cuci dan digarami, sayuran dicampur dengan beberapa bumbu yang meliputi kecap ikan, bawang putih, jahe, udang kecil, dan bubuk cabai merah.

Kimchi sebenarnya tidak tidak jauh berbeda dengan acar yang ada di Indonesia karena rasanya yang mirip yakni asin dan asam.

Karena termasuk makanan berfermentasi, kimchi menghasilkan probiotik. Makanan ini juga mengandung vitamin C dan B6 (cobalamin), B2 (niacin), dan B3 (riboflavin).

Kimchi diketahui juga menghasilkan zat besi dan asam folat serta tinggi serat. Secara keseluruhan, kimchi adalah makanan sehat yang sarat akan anti-oksidan.

Dr. Jimmy Galvez Tan mengatakan, "Kimchi memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi proses inflamasi di paru-paru pada Covid-19".

Mantan Sekretaris Kesehatan itu menambahkan, bagi mereka yang menderita diabetes dan penyakit jantung, kimchi bisa menurunkan gula darah dan kolestrol dalam darah. Sehingga mengurangi komorbiditas yang membuat pasien Covid-19 lebih rentan terhadap penyakit.

Dilansir Lifestyle Inquirer, sebuah sumber menyebut bahwa kimchi adalah sumber serat makanan yang baik, terutama untuk mengatasi sembelit. Diketahui bahwa bakteri asam laktat dalam kimchi tumbuh dan matang dengan memproduksi berbagai jenis asam untuk mencegah zat karsinogenik terbentuk dan menekan pertumbuhan hibrida usus. Kandungan asam laktat ini bisa membunuh bakteri-bakteri serta virus yang membahayakan tubuh.

Selain itu, kimchi juga kaya akan anti-oksidan, sehingga bisa meinimalisir risiko penuaan hingga kanker. Makanan rendah kalori ini, juga baik dikonsumsi bagi kamu yang tengah menjalankan program diet. Pasalnya, kimchi memiliki paprika yang mengandung capsaicin yang membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Semakin lama kimchi difermentasi, kandungan lactobacillus juga semakin meningkat. Lactobacillus sendiri bisa membantu detoksifikasi usus secara alami.

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020