trubus.id
Life » Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi Selam...
Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi Selama Pandemi Covid-19

Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi Selama Pandemi Covid-19

Hernawan Nugroho - Minggu, 03 Mei 2020 10:00 WIB

Trubus.id -- Sejak pertengahan bulan Maret lalu, masyarakat Indonesia dihimbau untuk melakukan karantina di rumah untuk menghindari penyebaran virus corona atau covid-19. Hal ini tentunya berpengaruh pada aktivitas kita sehari-hari.

Hal lainnya adalah kita juga harus memiliki simpanan bahan makanan agar tidak selalu sering pergi keluar rumah untuk berbelanja dan sebagainya. Mungkin beberapa orang ada yang membeli bahan makanan terlalu banyak yang akhirnya membuat makanan itu basi.

Makanan yang basi juga bisa disebabkan oleh penyimpanan yang tidak tepat. Karena itu, kita simak tips menyimpan makanan selama pandemi covid-19 ini.

Makanan sehat dan bergizi sangat penting untuk menghadapi pandemi covid-19. Penuhi nutrisi yang dibutuhkan, seperti protein dan mengurangi makanan tinggi lemak dan makanan manis.

Baca Lainnya : Diklaim Bisa Cegah Penularan COVID-19, Amankah Mencuci Buah dan Sayuran dengan Sabun?

Jadi sebaiknya saat berbelanja kita bisa memilih bahan makanan yang mengandung protein.  Kenapa begitu? Ternyata protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan virus.

Karena itu, telur bisa menjadi salah satu alternatif bahan makanan yang mengandung protein. Selain itu telur mudah didapatkan dan juga diolah. Pilihlah telur yang cangkangnya bersih dan tidak retak untuk menghindari kontaminasi kuman dan bakteri.

Kemudian simpanlah telur pada wadah khusus dan masukkan ke dalam kulkas. Kalau bisa hindari dari makanan lain dan jangan meletakkan pada sisi pintu kulkas. Selain telur, ada juga protein hewani yang bisa kita konsumsi. Misalnya, ayam dan ikan.

Agar tahan lama, bagi daging sesuai porsi satu kali makan dan letakkan ke dalam wadah. Hal ini untuk menghindari kontaminasi jika kita mencampur semuanya dalam satu wadah sekaligus.

Baca Lainnya : Dapatkah Suplemen Memberi Manfaat yang Sama dengan Sayuran Utuh?

Asupan sayur dan buah juga tak kalah penting untuk menutrisi tubuh kita selama pandemi ini. Bahan makanan seperti sayuran hijau sebaiknya dicuci dengan air mengalir dan ditiriskan, sebelum kemudian dikeringkan dan dibungkus tisu dapur untuk disimpan di kulkas.

Untuk brokoli kita bisa langsung menyimpannya tanpa dicuci terlebih dahulu. Hanya saja sebisa mungkin untuk segera mengolahnya karena ia tidak bisa tahan terlalu lama. Berbeda dengan tomat yang bisa kita simpan di suhu ruangan. Namun, harus kita hindari dari panas dan sinar matahari langsung. Untuk apel sebaiknya kita simpan terpisah dengan buah-buahan yang lain agar tidak cepat busuk. Pisang bisa kita taruh di tempat dengan suhu ruangan.

 

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020