trubus.id
Cara Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Selama Bulan Ramadan

Cara Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Selama Bulan Ramadan

Hernawan Nugroho - Minggu, 03 Mei 2020 08:00 WIB

Trubus.id -- Suasana ramadan tahun 2020 sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ramadan kali ini bersamaan dengan terjadinya wabah virus menular Covid-19 di dunia, termasuk Indonesia.

Jadi, selama menjalankan ibadah puasa kita dianjurkan untuk di rumah saja, untuk mencegah penularan virus. Walau harus di rumah saja, kita dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar virus dan kuman tidak masuk ke tubuh.

Baca Lainnya : Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19: Apakah Puasa Melemahkan Imunitas?

Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi kita bisa memperkuat daya tahan tubuh. Menurut ilmuwan, berjemur pada pagi hari bisa dimulai sebelum pukul 10.00. Pada waktu tersebut kandungan vitamin D jumlahnya cukup besar dan gratis. Jumlah vitamin D ini akan menurun sesudah pukul 10.00.

Bahkan, semakin siang maka sinar matahari bisa merusak kulit. Karena itu berjemur pada pagi hari tidak perlu lama-lama. Kita bisa berjemur selama 5 menit hingga 15 menit. Bagian tubuh yang sebaiknya terkena sinar matahari pagi adalah tangan dan kaki.

Baca Lainnya : Cegah COVID-19, Ahli Gizi Ajak Masyarakat Perbanyak Makan Sayur dan Buah untuk Perkuat Imun Tubuh

Untuk Trubus Mania yang menggunakan hijab tidak perlu khawatir. Trubus Mania bisa berjemur area tangan dan kaki di tempat yang tidak banyak orang. Misalnya, di rumah atau halaman belakang rumah yang terdapat sinar mataharinya.

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020