Tingkatkan Hasil Panen, Ilmuan Mulai Teliti Mikrobioma Ubi Jalar

Syahroni - Jumat, 24 Apr 2020 20:00 WIB

Trubus.id -- Tumbuh di seluruh dunia, ubi jalar merupakan sumber nutrisi penting terutama dalam diet Afrika sub-Sahara dan Asia. Ubi jalar sangat penting bagi Afrika sub-Sahara sebagai sumber Vitamin A, nutrisi yang umumnya kurang di wilayah tersebut. Sementara Cina saat ini memproduksi ubi jalar paling banyak menurut negara, Afrika sub-Sahara memiliki lebih banyak lahan yang dikhususkan untuk ubi jalar dan terus memperluas produksi. Petani di tempat lain juga semakin banyak yang menanam ubi jalar.

Terlepas dari pentingnya ubi jalar, sedikit yang diketahui tentang microbiome ubi jalar.

"Mikrobiom tanaman sangat mempengaruhi kesehatan dan perkembangannya," jelas Brooke Bissinger, ahli entomologi yang baru-baru ini menerbitkan penelitian tentang kentang manis di Phytobiomes Journal. "Kami berusaha untuk lebih memahami mikrobioma ubi jalar dengan mengkarakteristikkannya di dalam dan di antara pertanian yang bekerja."

Bissinger dan rekan-rekannya bekerja untuk AgBiome yang didanai oleh Yayasan Bill & Melinda Gates untuk mengidentifikasi dan mengembangkan mikroba bermanfaat yang akan melindungi ubi jalar di negara berkembang dari serangga. Mereka menggunakan kesempatan ini untuk mengkarakterisasi microbiome ubi jalar untuk menginformasikan proyek mereka dan memberikan informasi bagi peneliti lain yang tertarik pada pekerjaan serupa.

Mereka menemukan bahwa, mirip dengan tanaman yang lebih banyak dipelajari, microbiome ubi jalar mengikuti model pengembangan dua langkah.

"Kami mendemonstrasikan variabilitas yang mencolok pada mikroorganisme yang membentuk mikrobioma ubi jalar di satu tambak. Terlepas dari variabilitas ini, kami menemukan kesamaan dalam bagaimana microbiome berkembang melintasi ladang dalam satu tambak ubi jalar dan di dua tambak di wilayah yang sama, "kata Charles Pepe-Ranney, ilmuwan data genom mikroba dan penulis utama makalah ini.

Ini adalah studi pertama yang mengkarakterisasi mikrobioma ubi jalar menggunakan teknologi modern, generasi berikutnya - langkah pertama yang penting untuk meningkatkan mikrobioma untuk meningkatkan hasil ubi jalar.

"Juga perlu dicatat, penelitian kami menunjukkan bahwa ubi jalar menyajikan tantangan ekologis yang kuat untuk endofitnya (mikroba yang hidup di dalam tanaman)," kata Pepe-Ranney. "Jika kita akan mengembangkan endofit ubi jalar yang melindungi ubi jalar dari hama, misalnya, endofit ubi jalar yang menguntungkan ini harus mampu menahan tekanan ekologis yang kuat dari ubi jalar itu sendiri."

Untuk informasi lebih lanjut, baca "Mensurvei Rizosfer Ubi Jalar, Endofit, dan Mikrobioma Tanah Sekitar di Dua Pertanian North Carolina Mengungkap Dasar-Dasar Majelis Komunitas Mikrobioma Ubi Jalar" yang diterbitkan dalam edisi Maret dari jurnal Phytobiomes akses terbuka. [RN]