trubus.id
Ramadan: Bagaimana Berpuasa dengan Aman Selama Krisis Covid-19

Ramadan: Bagaimana Berpuasa dengan Aman Selama Krisis Covid-19

Syahroni - Jumat, 24 Apr 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Jutaan umat muslim di seluruh dunia kini tengah menjalani puasa bulan suci Ramadhan dengan kondisi di tengah pembatasan sosial. Berpuasa adalah kewajiban bagi semua umat muslim yang telah dewasa yang dapat dengan aman pergi tanpa makanan dan minuman.

Tetapi ada beberapa pertimbangan dalam hal puasa saat pandemi. Memerangi infeksi membutuhkan banyak energi, kata ahli imunologi University of Sussex, Dr Jenna Macciochi dilansir dari BBC. Dan periode lama tidak makan atau minum dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, penting untuk memastikan Anda mendapatkan cukup kalori selama jam makan yang diizinkan, termasuk cukup:

  • makronutrien - karbohidrat, protein dan lemak
  • zat gizi mikro, seperti vitamin C dan zat besi

Dan itu adalah ide yang baik untuk makan berbagai makanan, termasuk banyak sayuran berwarna berbeda, buah-buahan, kacang-kacangan dan kacang-kacangan.

Baik makan di bawah maupun di atas waktu dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda dapat membantu diri sendiri dengan tetap berada dalam "keseimbangan energi", menurut Dr. Macciochi.

Ada juga beberapa risiko menjadi dehidrasi, karena dapat mempengaruhi lendir yang melapisi saluran udara Anda dan bertindak sebagai penghalang pelindung.

Tetapi menjaga aspek-aspek lain dari kesehatan Anda dengan mencoba tidur yang cukup dan berolahraga dan menghilangkan stres jika memungkinkan dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi sebagaimana mestinya.

Lebih sederhana lagi, cara terbaik untuk melindungi kesehatan Anda adalah mencegah paparan virus. Sebagian besar risiko dapat dihindari dengan mencuci tangan dan, bagi mereka yang bisa, tinggal di rumah. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020