trubus.id
Rutin Konsumsi Blueberry, Rasakan Manfaat Kesehatan Luar Biasa Berikut Ini

Rutin Konsumsi Blueberry, Rasakan Manfaat Kesehatan Luar Biasa Berikut Ini

Syahroni - Kamis, 23 Apr 2020 20:00 WIB

Trubus.id -- Rendah kalori dan tinggi nutrisi, blueberry terikat dengan sejumlah efek kuat termasuk perlindungan terhadap penuaan dan pencegahan kanker. Kumpulan penelitian yang diterbitkan oleh Gerontological Society of America kini menempatkan penekanan baru pada manfaat kesehatan yang dapat dicapai hanya dengan menambahkan blueberry ke dalam makanan Anda.

Dalam editorial pembuka, Dr. Donald K. Ingram menjelaskan bahwa penelitian yang berfokus pada efek kesehatan blueberry telah tumbuh “secara eksponensial” sejak 1990-an.

“Penelitian telah mendokumentasikan bahwa buah ini menempati urutan tertinggi dalam aktivitas antioksidan dibandingkan dengan banyak buah-buahan populer lainnya. Selain itu, mekanisme lain untuk manfaat kesehatan blueberry, seperti sifat anti-inflamasi, telah diidentifikasi, ”kata Dr. Ingram.

Di antara empat artikel yang dikumpulkan, satu studi menemukan bahwa mengonsumsi sekitar secangkir blueberry sehari dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah sistolik. Para peneliti menemukan bahwa hasil yang luar biasa ini dapat dikaitkan dengan anthocyanin, yang merupakan phytochemical yang memberi blueberry warna gelap mereka.

Studi lain menyoroti manfaat kognitif dari makan blueberry. Misalnya, jumlah polifenol tinggi buah telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja pada tes memori di antara orang dewasa yang lebih tua.

Untuk satu penyelidikan, para peneliti menggunakan model tikus untuk menunjukkan pengaruh kognitif konsumsi blueberry di antara tikus yang menua. Percobaan mengungkapkan bahwa hewan yang secara teratur makan blueberry memiliki kinerja memori yang meningkat secara signifikan dibandingkan dengan tikus yang diberi makan makanan yang tidak ditambah.

Dalam artikel lain, para peneliti meninjau beberapa tes klinis yang berfokus pada keuntungan potensial dari suplementasi blueberry. Tim mengidentifikasi peningkatan memori spesifik pada anak-anak serta orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan. Studi ini diterbitkan dalam The Journals of Gerontology, Seri A: Ilmu Biologi dan Ilmu Kedokteran. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020