trubus.id
Singapura Tingkatkan Produksi Pangan Lokal dengan Metode Rooftop Farming

Singapura Tingkatkan Produksi Pangan Lokal dengan Metode Rooftop Farming

Syahroni - Senin, 20 Apr 2020 21:00 WIB

Trubus.id -- Singapura telah mengumumkan langkah-langkah baru yang dirancang untuk dengan cepat meningkatkan produksi pangan lokal, termasuk pertanian atap atau rooftop farming. Pejabat di negara-kota baru-baru ini menetapkan tujuan untuk memenuhi 30 persen dari kebutuhan gizi Singapura dengan makanan yang diproduksi secara lokal pada tahun 2030.

Rencana tersebut mencakup $ 21 juta dalam bentuk uang bantuan pemerintah untuk mendukung produksi telur, sayuran, dan ikan lokal "dalam waktu sesingkat mungkin." Rencana diumumkan ketika penyebaran COVID-19 di seluruh dunia telah menyebabkan kekurangan banyak produk, termasuk makanan di beberapa daerah. Pembatasan pergerakan populasi di seluruh dunia telah melemahkan rantai pasokan dan meningkatkan kekhawatiran tentang memburuknya kekurangan dan kenaikan harga.

Saat ini, Singapura yang berpenduduk padat hanya menghasilkan sekitar 10 persen dari kebutuhan makanannya sendiri. Hanya 1 persen dari 724 kilometer persegi Singapura saat ini digunakan untuk pertanian. Dan biaya produksi di sana lebih tinggi daripada bagian lain di Asia Tenggara.

Badan Pangan Singapura mengatakan tujuannya adalah untuk meningkatkan tingkat produksi pangan lokal untuk menebus perubahan iklim dan pertumbuhan populasi yang dapat mengancam pasokan pangan di seluruh dunia.

"Situasi COVID-19 saat ini menggarisbawahi pentingnya produksi pangan lokal, sebagai bagian dari strategi Singapura untuk memastikan keamanan pangan," kata Badan Makanan dalam sebuah pernyataan dilansir dari VOAnews.

Pejabat Singapura telah berulang kali mengatakan kepada warga bahwa negara-kota tersebut memiliki cukup makanan untuk melewati krisis COVID-19. Tetapi mereka telah memutuskan untuk mempercepat proses peningkatan produksi lokal untuk mulai dalam enam bulan ke depan.

Rencana ini mencakup upaya untuk mengidentifikasi ruang pertanian alternatif, seperti kawasan industri dan ruang bangunan kosong. Ini juga menyerukan penambahan teknologi baru untuk meningkatkan metode pertanian. Para pejabat mengatakan salah satu bagian dari proyek ini bertujuan untuk membangun pertanian atap di area parkir perumahan umum mulai Mei. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020