trubus.id
India Gunakan Mobil Tenaga Surya untuk Kirim Sayuran Segar Saat Lockdown Diberlakukan

India Gunakan Mobil Tenaga Surya untuk Kirim Sayuran Segar Saat Lockdown Diberlakukan

Syahroni - Senin, 13 Apr 2020 17:00 WIB

Trubus.id -- Lembaga Penelitian Hortikultura India/ The Indian Institute of Horticultural Research (IIHR) telah merancang kendaraan yang dapat menggunakan listrik dan energi matahari untuk membawa buah-buahan dan sayuran segar.

Tujuan dari kendaraan ini adalah untuk memastikan kesegaran hasil pertanian dan hortikultura setidaknya selama dua hari. Teknologi Pasca Panen IIHR dan Teknik Pertanian (PHTAE) merancang kendaraan pada tahun 2018. 

Saat ini, kendaraan ini digunakan oleh Perkumpulan Pemasaran dan Pemrosesan Perkoperasian (Hopcoms) Horticultural Producers di bawah skema Sujala di Bengaluru, Gadag, Koppal, Mysuru, Bidar, Raichur, Tumakuru, Davanagere, Kalaburagi, Vijayapura and Chikkamagaluru districts.

Kendaraan-kendaraan ini memainkan peran penting dalam mengirimkan buah-buahan dan sayuran segar kepada publik pada saat lockdown diberlakukan karena pandemi Covid-19. Berdasarkan instruksi pemerintah negara bagian bahwa rantai pasokan buah-buahan dan sayuran tidak boleh terpengaruh, departemen hortikultura dan Hopcoms telah mulai mengadakan produksi dari petani untuk penjualan ke masyarakat secara langsung.

“Teknologi pendinginan penguapan pada kendaraan terus menghasilkan yang segar, higienis, dan bebas debu,” kata G Senthil Kumaran, Ilmuwan Utama di divisi PHTAE IIHR, mengatakan.

Ada fasilitas penyimpanan untuk menyimpan sayuran berdaun, buah-buahan dan sayuran. Baki memiliki ruang pendingin. Fasilitas televisi LED di bagian belakang kendaraan menampilkan harga produk. Sistem audio di dalam kendaraan membantu fasilitas pengumuman. Kendaraan memiliki fasilitas penagihan yang terkomputerisasi dan mesin timbang elektronik. Kendaraan yang mendukung GPS memiliki baterai yang dapat diisi daya untuk penggunaan darurat.

Panel surya di atas kendaraan membantu mengendalikan suhu. Teknologi ini memungkinkan untuk menjaga suhu yang dibutuhkan agar produk tetap segar. 
Energi matahari dapat digunakan untuk tujuan lain.

“Kami dapat menggunakan van untuk menyebarkan pesan sosial dan informasi kepada komunitas petani,” katanya dilansir dari DeccanHerald. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020