trubus.id
Sistem Tanaman-Ternak Terintegrasi di Sawah: Strategi Baru untuk Nutrisi Padi yang Tergenang

Sistem Tanaman-Ternak Terintegrasi di Sawah: Strategi Baru untuk Nutrisi Padi yang Tergenang

Syahroni - Kamis, 09 Apr 2020 20:00 WIB

Trubus.id -- Di seluruh dunia, penanaman padi yang tergenang telah menurunkan kualitas tanah, mengurangi hasil padi dan membutuhkan input yang intens seperti pupuk. Di sisi lain, sistem tanaman-ternak terintegrasi/ integrated crop-livestock systems (ICLS) tampaknya menjadi alternatif yang baik untuk meningkatkan efisiensi penggunaan nutrisi oleh padi, meningkatkan hasil padi.

Dalam artikel Jurnal Agronomi baru-baru ini, para peneliti mengevaluasi dampak adopsi no-till dan ICLS pada kesuburan tanah dan membanjiri nutrisi dan hasil panen padi. Meskipun praktik-praktik ini tidak diadopsi secara luas di sawah, kombinasi mereka telah menunjukkan beberapa manfaat.

Tim menemukan bahwa banjir padi di bawah ICLS menghasilkan lebih banyak biji-bijian sementara membutuhkan aplikasi pupuk yang lebih rendah. Hasil padi di bawah ICLS tidak menanggapi pasokan pemupukan P dan K, menunjukkan kontribusi penting dari siklus nutrisi untuk nutrisi tanaman. ICLS memiliki efisiensi penggunaan nutrisi yang lebih tinggi, ditunjukkan oleh efisiensi penggunaan nutrisi yang lebih besar, menghasilkan jumlah biji-bijian yang lebih tinggi dengan jumlah serapan hara yang sama.

Upaya untuk lebih memahami proses perputaran unsur hara dalam sistem manajemen konservasi dalam budidaya padi, seperti ICLS, tampaknya diperlukan untuk mengembangkan standar baru pemupukan. Dengan berfokus pada sistem manajemen konservasi dalam budidaya padi, para peneliti dapat menemukan sistem yang lebih efisien mengenai penggunaan nutrisi dengan lebih sedikit ketergantungan pada input eksternal. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

01 Juni 2020
01 Juni 2020
31 Mei 2020