trubus.id
Resistensi Tomat Liar Terhadap Bakteri Canker, Titik Terang bagi Industri Tomat Komersial

Resistensi Tomat Liar Terhadap Bakteri Canker, Titik Terang bagi Industri Tomat Komersial

Syahroni - Rabu, 08 Apr 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Bakteri canker adalah penyakit yang menyebabkan layu, kritis, dan akhirnya menyebabkan kematian pada tanaman. Penyakit ini pertama kali ditemukan di Grand Rapids, Michigan, pada tahun 1909 silam. Namun wabah tahunan sekarang mempengaruhi area produksi tomat di seluruh dunia. Bagi sebagian petani, bakteri canker dapat menghancurkan dan merusak penanaman sepanjang musim.

Bakteri canker disebabkan oleh patogen Clavibacter michiganensis, yang menginfeksi tomat yang dikembangbiakan secara komersial dengan menjajah xilem atau serangkaian tabung yang mengangkut air dan mineral ke seluruh tanaman. Tidak ada tomat yang tersedia secara komersial yang tahan terhadap bakteri canker dan opsi manajemen terbatas. Namun kini, peneliti tanaman telah mengetahui bahwa spesies tomat liar kurang rentan terhadap bakteri canker, meski pengetahuan ini masih terbatas.

Para ilmuwan di School of Integrative Plant Science di Cornell University tertarik untuk memahami bagaimana C. michiganensis menjajah xilem dalam tomat liar dan membandingkannya dengan kolonisasi tomat yang dibudidayakan. Mereka menemukan perbedaan yang signifikan, menurut makalah yang diterbitkan dalam Fitopatologi.

F. Christopher Peritore-Galve, penulis utama makalah ini, menjelaskan: "Yang menarik, patogen berkoloni dengan kepadatan tinggi dekat dengan lokasi inokulasi pada tomat liar, tetapi ditemukan dalam kepadatan jauh lebih rendah 5 dan 10 sentimeter di atas situs itu, yang berarti bahwa bakteri tidak dapat menyebar melalui xilem maupun dalam xilem tomat yang dibudidayakan. "

Penelitian tambahan menunjukkan bahwa patogen terbatas pada pembuluh protoxylem dalam kumpulan vaskular tomat liar.

"Protoxylem adalah pembuluh xilem yang terbentuk lebih awal dengan diameter lebih kecil yang memungkinkan transportasi air selama awal, pertumbuhan tanaman yang cepat," kata Peritore-Galve. "Kami saat ini tidak tahu mengapa C. michiganensis secara istimewa menjajah kapal-kapal ini, tetapi itu akan menjadi jalan penelitian masa depan."

Memahami apa yang membuat tomat liar dapat mentolerir patogen ini dapat membantu upaya pemuliaan di masa depan. 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

01 Juni 2020
01 Juni 2020
31 Mei 2020