trubus.id
Cegah Penularan Virus Corona, Pusat Rehabilitasi Orangutan Perketat Pengawasan

Cegah Penularan Virus Corona, Pusat Rehabilitasi Orangutan Perketat Pengawasan

Syahroni - Senin, 06 Apr 2020 20:00 WIB

Trubus.id -- Perburuan liar dan hilangnya habitat telah mengurangi populasi orangutan di Indonesia secara signifikan. Namun dengan kini, virus corona muncul sebagai potensi ancaman mematikan lainnya bagi spesies yang terancam punah ini.

Meskipun belum ada kasus penularan yang dikonfirmasi dari manusia ke orangutan, namun mereka berbagi 97 persen DNA dengan manusia sehingga staf di pusat rehabilitasi orangutan di pedalaman Kalimantan tidak mau mengambil risiko.

Borneo Orangutan Survival Foundation telah menutup pintunya bagi pengunjung dan menyuruh staf untuk meningkatkan tindakan pencegahan agar tidak tertular infeksi, termasuk dengan memakai masker dan sarung tangan pelindung.

"Belum ada kasus penularan langsung yang dikonfirmasi, tetapi hal itu menyebabkan masalah lain seperti kekurangan masker dan persediaan desinfektan untuk pengasuh orangutan kami," kata dokter hewan yayasan, Agus Irwanto dilansir dari AFP.

Namun, bagi kera, tidak ada banyak perubahan dalam pesiar hutan harian mereka. 

"Sementara manusia di pusat rehabilitasi kami bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan langkah-langkah baru ini, orangutan sedang menjalankan bisnis biasa mereka," kata pengelola yayasan itu.

Ketakutan akan transmisi manusia ke primata tidak terbatas di Indonesia saja. Prancis sebelumnya telah mengambil tindakan pencegahan di kebun binatangnya, dengan penjaga menjaga jarak mereka dari gorila dan simpanse.

Bulan lalu, negara Afrika yang tertutup hutan Gabon mengatakan akan berhenti membiarkan turis melihat kera besarnya karena khawatir manusia dapat menulari mereka dengan virus. Dahulu, Epidemi Ebola juga membunuh gorila dan simpanse serta manusia. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

01 Juni 2020
01 Juni 2020
31 Mei 2020