Kandidat Vaksin COVID-19 Cukup Menjanjikan dalam Penelitian Peer-review Pertamanya

Syahroni - Jumat, 03 Apr 2020 14:15 WIB

Trubus.id -- Ilmuwan Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh hari ini mengumumkan vaksin potensial terhadap SARS-CoV-2, virus corona baru yang menyebabkan pandemi COVID-19. Ketika diuji pada tikus, vaksin, yang dikirim melalui patch berukuran ujung jari ini menghasilkan antibodi khusus untuk SARS-CoV-2 dengan jumlah yang dianggap cukup untuk menetralkan virus.

Makalah ini muncul hari ini di jurnal EBioMedicine, yang diterbitkan oleh The Lancet, dan merupakan studi pertama yang diterbitkan setelah kritik dari sesama ilmuwan di lembaga luar yang menggambarkan kandidat vaksin untuk COVID-19. Para peneliti mampu bertindak cepat karena mereka telah meletakkan dasar selama epidemi virus corona sebelumnya.

"Kami memiliki pengalaman sebelumnya tentang SARS-CoV pada tahun 2003 dan MERS-CoV pada tahun 2014. Kedua virus ini, yang terkait erat dengan SARS-CoV-2, mengajari kami bahwa protein tertentu, yang disebut protein lonjakan, penting untuk mendorong kekebalan melawan virus. Kami tahu persis di mana untuk melawan virus baru ini," kata rekan penulis senior, Andrea Gambotto, MD, profesor bedah di Pitt School of Medicine. "Itu sebabnya penting untuk mendanai penelitian vaksin. Kamu tidak pernah tahu dari mana pandemi selanjutnya akan datang." urainya lagi.

"Kemampuan kami untuk mengembangkan vaksin ini dengan cepat adalah hasil dari para ilmuwan dengan keahlian di berbagai bidang penelitian yang bekerja bersama dengan tujuan yang sama," tambah rekan penulis, Louis Falo, MD, Ph.D., profesor dan ketua dermatologi Fakultas Kedokteran di Pitt School of Medicine.

Dibandingkan dengan kandidat vaksin mRNA eksperimental yang baru saja memasuki uji klinis, vaksin yang dijelaskan dalam makalah ini — yang penulis sebut PittCoVacc, kependekan dari Pittsburgh Coronavirus Vaccine — mengikuti pendekatan yang lebih mapan, menggunakan potongan-potongan protein virus buatan laboratorium untuk membangun kekebalan. Ini sama dengan cara kerja suntikan flu saat ini.

Para peneliti juga menggunakan pendekatan baru untuk memberikan obat, yang disebut array microneedle, untuk meningkatkan potensi. Array ini adalah patch seukuran ujung jari dari 400 jarum kecil yang memberikan potongan protein lonjakan ke dalam kulit, di mana reaksi kekebalan terkuat. Tambalannya berlangsung seperti Band-Aid dan kemudian jarum — yang seluruhnya terbuat dari gula dan potongan-potongan protein — hanya larut ke dalam kulit.

"Kami mengembangkan ini untuk membangun metode awal yang digunakan untuk memberikan vaksin cacar ke kulit, tetapi sebagai versi teknologi tinggi yang lebih efisien dan dapat direproduksi pasien ke pasien," kata Falo. "Dan ini sebenarnya tidak menyakitkan — rasanya seperti Velcro."

Sistem ini juga sangat skalabel. Potongan-potongan protein diproduksi oleh "pabrik sel" - lapisan demi lapisan sel yang dikultur yang dirancang untuk mengekspresikan protein lonjakan SARS-CoV-2 - yang dapat ditumpuk lebih lanjut untuk memperbanyak hasil. Pemurnian protein juga dapat dilakukan pada skala industri.

Memproduksi secara massal susunan mikronel melibatkan pemintalan campuran protein-gula ke dalam cetakan menggunakan centrifuge. Setelah diproduksi, vaksin dapat duduk pada suhu kamar sampai dibutuhkan, menghilangkan kebutuhan untuk pendinginan selama transportasi atau penyimpanan.

"Untuk sebagian besar vaksin, Anda tidak perlu membahas skalabilitas untuk memulai," kata Gambotto. "Tetapi ketika Anda mencoba mengembangkan vaksin dengan cepat melawan pandemi, itulah persyaratan pertama."

Ketika diuji pada tikus, PittCoVacc menghasilkan gelombang antibodi terhadap SARS-CoV-2 dalam waktu dua minggu setelah tusukan microneedle.

Hewan-hewan itu belum dilacak dalam jangka panjang, tetapi para peneliti menunjukkan bahwa tikus yang mendapat vaksin MERS-CoV mereka menghasilkan tingkat antibodi yang cukup untuk menetralkan virus setidaknya selama satu tahun, dan sejauh ini tingkat antibodi dari SARS Hewan yang divaksin -CoV-2 tampaknya mengikuti tren yang sama.

Yang penting, vaksin microneedle SARS-CoV-2 mempertahankan potensinya bahkan setelah disterilisasi dengan radiasi gamma — langkah kunci menuju pembuatan produk yang cocok untuk digunakan pada manusia.

Para penulis sekarang sedang dalam proses mengajukan permohonan persetujuan obat baru investigasi dari Administrasi Makanan dan Obat AS untuk mengantisipasi memulai uji klinis manusia fase I dalam beberapa bulan ke depan.

"Pengujian pada pasien biasanya membutuhkan setidaknya satu tahun dan mungkin lebih lama," kata Falo. "Situasi khusus ini berbeda dari apa pun yang pernah kita lihat, jadi kita tidak tahu berapa lama proses pengembangan klinis akan berlangsung. Baru-baru ini revisi yang direvisi untuk proses normal menunjukkan kita mungkin dapat memajukan ini lebih cepat." [RN]